Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Tak Hadiri Gala Dinner KTT G20, Biden Disebut Tertular COVID-19 dari PM Hun Sen

Rabu, 16 Nov 2022 - 13:13 WIB
Sekretariat Kabinet- inilah.com
Joe Biden

Tak hadir dalam gala dinner KTT G20, Presiden AS Joe Biden dikabarkan kena COVID-19, meski belakangan dibantah. Sebelumnya, Biden bertemu PM Kamboja, Hun Sen di KTT ASEAN yang terkonfirmasi positif.

Atas ketidakhadiran Biden dalam jamuan makan malam di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, Selasa (15/11/2022), pihak Gedung Putih menjelaskan tidak ada kaitannya dengan COVID-19. Karena, Presiden Biden negatif.

Dikutip dari Washington Examiner, Biden memang dijadwalkan hadir dalam gala dinner KTT G-20 bersamaan dengan acara budaya. Namun, Biden melewatkan kedua acara tersebut dan memutuskan kembali ke hotel lebih awal di malam hari. “Ini bukan karena COVID,” kata seorang staf Gedung Putih yang tidak disebutkan namanya kepada reporter pool Geoff Earle, dari Daily Mail.

Baca juga
BOR di 140 RS Rujukan di Jakarta Naik Jadi 61 Persen

“Dia baru saja menghabiskan satu hari penuh dalam rapat dan perlu menghadiri beberapa hal malam ini (tidak ada yang mendesak!).

Atas ketidakhadiran ini, Biden telah berbicara kepada Presiden Jokowi. Biden menyampaikan penyesalan karena melewatkan makan malam. Dan, Presiden Jokowi mengatakan tidak masalah. “Dan, berharap untuk bertemu dengannya di acara penanaman pohon bakau besok (Rabu 16/11/2022),” jelas staf Gedung Putih.

Sebelum hadir di KTT G20 Bali, Biden terbang ke Kamboja untuk menghadiri KTT ASEAN. Dia bertemu dengan tujuh pemimpin negara ASEAN termasuk PM Kamboja Hun Sen yang tak mengenakan masker. Ditambah pemimpin China, Jepang, Australia dan Kanada. Acaranya ditutup pada Minggu (13/11/2022). Dua hari kemudian, PM Hun Sen dinyatakan positif COID-19. Dia pun batal hadir di KTT G20 Bali.

Baca juga
Soal Penegakan HAM, Mahfud Bilang Indonesia Lebih Baik Dibanding AS

Atas informasi ini, Biden langsung menjalani serangkaian tes. Hasilnya negatif pada Selasa pagi (15/11), dan tidak dianggap sebagai kontak dekat. Gedung Putih menyebut sebelumnya Biden sedang flu. “Ini hari yang panjang, dan dia memiliki urusan lain yang harus dia tangani,” kata seorang pejabat Gedung Putih.

 

Tinggalkan Komentar