Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

Gamer Pasti Lega, Kominfo Pastikan Steam Daftar PSE

Minggu, 31 Jul 2022 - 12:32 WIB
Penulis : Harris Muda
Editor : Ibnu Naufal
Steam
Foto Steampowered
Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) pastikan layanan penyedia game pesohor Indonesia, Steam bakal segera mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) ruang lingkup privat.
“Kita lihat sudah ada komunikasi dengan Steam dan mereka lagi menyiapkan untuk mendaftar mudah-mudahan bisa terdaftar dalam waktu dekat,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, dalam konferensi pers secara virtual, Minggu (31/7/2022) pagi.
Sammy sapaan akrabnya menjelaskan, jika kelengkapan persyaratan daftar PSE dari Steam memang terdapat beberapa kendala. Sehingga menurutnya, perlu sedikit waktu untuk mengembalikan situs pelayanan game tersebut seperti semula.
“Kita semenjak kemarin sampe dini hari mereka telah berkomunikasi dengan kita. Dan mereka lagi menyiapkan dan mohon maaf kepada teman-teman pemain game, mohon maaf sementara waktu masih ada kendala,” ungkap Sammy.
Sammy tak menjelaskan secara rinci perihal kendala yang menjadi hambatan Steam dalam proses pendaftaran PSE. Yang jelas, Kominfo kata Sammy, mengapresiasi respons Steam guna beradaptasi dengan ekosistem digital baru yang diterapkan Tanah Air.
“Mereka masih berupaya melengkapi dan berkomitmen untuk mendaftar. Mudah-mudahan segera bergabung dengan ekosistem digital Indonesia,” tuturnya menambahkan.
Disamping Steam, aplikasi game Dota 2 dan CS:GO juga telah memastikan merampungkan pendaftaran PSE dalam waktu dekat. “Dota dan CS:GO ini mereka sudah menyatakan dan lagi diproses,” terang Sammy.
Sementara untuk aplikasi seperti Origin dan Epic Games, Sammy mengkonfirmasi pihaknya belum mendapat keterangan lebih lanjut dari dua penyedia layanan tersebut.

Tinggalkan Komentar