Minggu, 04 Desember 2022
10 Jumadil Awwal 1444

Gandeng APH Lain, Bea Cukai Pertegas Fungsi Pengawasan

Selasa, 27 Sep 2022 - 17:23 WIB
Bea Cukai
Dokumentasi Bea Cukai

Dalam fungsi community protector, Bea Cukai berperan melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal dan berbahaya melalui kegiatan pengawasan dan pemberantasan barang ilegal. Upaya ini dilakukan Bea Cukai di beberapa wilayah dengan turut menggandeng aparat penegak hukum (APH) lain.

Di Jakarta, Kanwil Bea Cukai Banten, Kanwil Bea Cukai Jakarta, KPU Bea Cukai Tanjung Priok, dan KPU Bea Cukai Soekarno Hatta, bersama-sama membangun komunikasi, koordinasi, dan sinergi bersama TNI AD, dengan  melakukan kunjungan kerja ke Komando Daerah Militer Jayakarta (20/09/2022).

Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti MoU antara Menteri Keuangan dengan Panglima TNI Januari lalu tentang kerja sama pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Keuangan dengan TNI.

Baca juga
Bea Cukai Asistensi Pelaku UMKM Guna Tingkatkan Ekspor Nasional

Hatta menegaskan bahwa kunjungan ini juga bagian dari pelaksanaan perjanjian kerja sama (PKS) antara Bea Cukai dengan TNI AD tentang pendampingan TNI AD pada pelaksanaan tugas dan fungsi pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai.

“Bea Cukai dan TNI AD berkomitmen membangun sinergi dan kolaborasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, terutama terkait pengamanan potensi penerimaan negara dari bidang kepabeanan dan cukai,” ujar Hatta.

Sebelumnya (19/09/2022), Kanwil Bea Cukai Jateng DIY menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Pangdam IV Diponegoro bertempat di RST dr. Soedjono, Magelang. Serupa, pertemuan ini dilakukan untuk membahas sinergi pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai antara TNI AD dengan Bea Cukai.

Baca juga
Bea Cukai dan Pemda Maksimalkan DBHCHT

“Optimalisasi pengawasan kepabeanan dan cukai di lapangan perlu dibangun dengan semangat kerja sama dan sinergi yang kuat. Sinergi antar TNI AD dengan Bea Cukai menjadi kunci keberhasilan tersebut,” ujar Hatta.

Terakhir, Bea Cukai Magelang menyambut kunjungan Subdetasemen Polisi Militer (Subdenpom) IV/2-1 Magelang sebagai bentuk sinergi dan koordinasi dalam kegiatan pengawasan di wilayah Magelang (23/09/2022). Dalam kunjungan ini Bea Cukai dan Subdenpom Magelang berupaya untuk terus bekerja sama dalam pemberantasan BKC illegal, terutama rokok dan miras ilegal di wilayah pengawasan Kantor Bea Cukai Magelang.

“Dengan adanya sinergitas ini, kegiatan pengawasan dapat berjalan lebih mudah, efektif, dan efisien sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal dan membantu menekan angka peredaran barang kena cukai ilegal di masyarakat,” pungkas Hatta.

Tinggalkan Komentar