Gangguan Jiwa, 390 Warga Jateng Dipasung

Gangguan Jiwa, 390 Warga Jateng Dipasung - inilah.com
foto istimewa

Sebanyak 390 orang di Jawa Tengah terpaksa dipasung lantaran mengalami gangguan kejiwaan. Angka tersebut tercatat di Dinas Kesehatan Provinsi Jateng sepanjang 2021 ini.

Dari data yang tercatat, 390 orang dengan gangguan kejiwaan itu tersebar di 35 kabupaten/kota di Jateng. Pihak keluarga sengaja memasung mereka dengan alasan malu karena dinilai sebagai aib bagi keluarga.

Alasan itu juga yang menjadikan orang dengan gangguan kejiwaan itu tidak dibawa ke rumah sakit jiwa. Sebenarnya pihak pemerintah setempat telah memberikan sosialisasi kepada warga mengenai adanya fasilitas Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) untuk masyarakat yang mengalami gangguan kejiwaan.

Baca juga  Punya Hutan Tropis Terbesar, Jokowi Ajak G20 Atasi Perubahan Iklim

Di Jateng memiliki tiga RSJD yang tersebar di Solo, Semarang, dan Klaten. “Problema pasung ini sangat banyak dan hampir semuanya sudah dibebaskan tapi setelah dilepas kemudian dipasung kembali,” kata Yulianto Prabowo, Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Jateng.

Menurutnya, urusan kesehatan jiwa merupakan hal yang sangat penting ke depannya, karena urusan ini berkaitan dengan sumber daya manusia yang produktif. Untuk itu saat Pemprov Jateng sedang berupaya menjadikan masyarakat Jateng lebih sehat, pintar dan berbudaya.

Bersama-sama dengan masyarakat, Pemprov Jateng diharap bisa mengurangi kasus pemasungan bagi orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Salah satunya yakni membawa keluarga yang mengalami gangguan kejiwaan ke RSJD yang disediakan.

Baca juga  Berbagi di Jakbar, KNPI Tunjukkan Kepedulian Sesama di Tengah Pandemi

Tinggalkan Komentar