Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

Ganjar Berpotensi Gantikan Mendiang Tjahjo Kumolo jadi MenPAN-RB

Senin, 04 Jul 2022 - 17:01 WIB
Ganjar Pranowp capres menpan - inilah.com
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo - jatengprov.go.id

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dinilai berpotensi menggantikan mendiang Tjahjo Kumolo menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

“Nah jadi kita banyak stok ada Pak Ganjar, ada Pak Olly, sebagai Gubernur, jadi kita banyak stok yang baik-baik lagi belum lagi Kepala Daerah kita yang di Kabupaten/Kota maupun Provinsi,” kata Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/7/2022).

Meski, pengangkatan Menteri merupakan kewenangan Presiden, namun ia optimis kursi MenPAN-RB akan diisi kader PDIP.

“Ya itu tergantung pak Jokowi juga, Ketum untuk penugasan. Sifatnya penugasan. Kalau you tanya apakah PDIP ada kader? Banyak. Banyak. Artinya apa, mereka-mereka ini kan harus sudah memahami, sudah punya pengalaman di dalam tata kelola pemerintahan,” tuturnya.

Namun, Djarot mengakui calon pengganti Tjahjo belum mengerucut. Meski demikian ia meminta siapapun yang melanjutkan jabatan MenPAN-RB harus meneruskan kebijakan era Tjahjo.

Baca juga
Trimedya: Tjahjo Kumolo Sosok Rendah Hati dan Sederhana

“Kami enggak bicara seperti itu ya, jadi enggak tahu dominannya ke siapa ya, bagaimanapun juga ini kementerian ini sangat vital dan penting ya, karena penataan ASN ini tidak main-main. Jantungnya dari pemerintahan itu ASN, dia harus menjadi agen perubahan, dia harus fasih, dia harus berintegritas, dia harus betul-betul bersih dan memiliki jiwa yang melayani, dia harus betul-betul abdi negara dan masyarakat,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar