Jumat, 20 Mei 2022
19 Syawal 1443

Ganjar Dapat Gelar Teuku, Nova Eliza: Saya sebagai Orang Aceh Menolak Keras

Nova Eliza
Nova Eliza

Artis Nova Eliza mengomentari pemberian gelar kehormatan Teuku untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo oleh masyarakat Aceh pada 9 April 2022 lalu.

Wanita berdarah Aceh ini mengaku tidak terima atas pemberian gelar Teuku tersebut. Pasalnya gelar Teuku hanya bisa digunakan atau diberikan kepada keturunan bangsawan Aceh.

“Seingat saya gelar teuku itu didapat melalui keturunan. Apakah pak @ganjar_pranowo ada keturunan bangsawan Aceh sampai dapat gelar ‘Teuku’? Apakah ayahanda dari pak Ganjar mempunyai gelar ‘Teuku’?” ujarnya melalui akun Instagram.

Karena itu dirinya menolak keras dengan kabar berita tersebut. Aktris kelahiran Banda Aceh tahun 1979 ini juga mengaku tidak memiliki sentimen pribadi dengan Ganjar.

Baca juga
Mahasiswa Papua Tinggalkan Ganjar yang Hendak Pidato

“Saya pribadi sebagai orang aceh menolak keras pemberian ‘Teuku’ kepada siapapun kecuali memang ada garis keturunan. Apakah saya ada sentimen dengan penerima gelar? Tentu saja tidak,” jelasnya.

Sebelumnya Ganjar Pranowo melakukan silaturahmi ke Provinsi Aceh pada 9 April 2022 lalu dan kader PDIP itu diberi gelar kehormatan Teuku oleh masyarakat Aceh.

Pemberian gelar dilakukan di rumah Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh, Herman Fithra dan dipimpin oleh M Jalil Hasan, selaku Ketua Majelis Adat Aceh Kota Lhokseumawe.

Dalam acara itu, M Jalil Hasan menyematkan kepiah mekeutob dan rencong kepada Ganjar. Dalam adat Aceh, ritual ini dinamakan peusijuek yang dilakukan terhadap tamu agung atau tokoh yang berjasa memajukan bangsa.

Tinggalkan Komentar