Ganjar Jadi Tokoh yang Bisa Menyamai Elektabilitas Prabowo

Ganjar Jadi Tokoh yang Bisa Menyamai Elektabilitas Prabowo - inilah.com

Tokoh yang digadang-gadang sebagai calon presiden (capres) 2024 masih berkutat dengan nama-nama yang sama seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan hinggi Ridwan Kamil.

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas yang dikutip lewat situs Litbang Kompas, Selasa (19/10/2024) menyebutkan adanya beberapa pergeseran dukungan terhadap tokoh-tokoh tersebut. Peralihan dukungan yang paling terlihat pada sosok Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Menurut data dari Litbang Kompas tren elektabilitas Ganjar terus naik dibandingkan tokoh lainnya. Survei yang dilakukan Litbang Kompas pada Oktober 2019 menunjukkan elektabilitas Ganjar Prabowo sebesar 1,8 persen dukungan. Angka tersebut membuat Ganjar menjadi tokoh yang belum diperhitungkan karena disurvei yang sama nama Prabowo mendapat dukungan sebesar 14,7 persen, Anies Baswedan (8,4 persen), dan Sandiaga Uno (7,3 persen).

Baca juga  Indonesia Hadiri Sidang WTO Soal Gugatan Larang Ekspor Bijih Nikel

Namun dalam perjalanannya perolehan dukungan terhadap Ganjar Pranowo terus naik seiring semakin masifnya kemunculan Ganjar ke publik. Hal ini ditunjukkan pada April 2021, elektabilitas Ganjar sudah naik menjadi 7,3 persen dan menjadi tokoh tertinggi ketiga setelah Prabowo Subianto (16,4 persen) dan Anies Baswedan (10,0 persen).

Seiring waktu berjalan, elektabilitas Ganjar makin menanjak. Untuk pertama kalinya dukungan kepada Ganjar menyamai elektabilitas Prabowo Subianto.

Selain itu, Ridwan Kamil juga mengalami kenaikan elektabilitas yang konsisten dalam empat survei terakhir. Setelah sempat mengalami penurunan pada Agustus 2020, tingkat keterpilihan Ridwan Kamil mengalami kenaikan bertahap.

Baca juga  Jika Pemilihan Presiden Diadakan Sekarang, Tiga Nama Ini Punya Peluang Paling Besar

Pada Agustus 2020, elektabilitas Ridwan Kamil hanya 1,9 persen, sedangkan sekarang tingkat keterpilihannya mencapai 5,1 persen dan untuk pertama kalinya berhasil menyalip Sandiaga Uno.

Tinggalkan Komentar