Selasa, 16 Agustus 2022
18 Muharram 1444

Ganjar Kenang Tjahjo Kumolo, Terakhir Bertemu di Pernikahan Adik Jokowi

Jumat, 01 Jul 2022 - 19:37 WIB
Penulis : Harris Muda
Editor : Fadly Zikry
Tjahjo Kumolo wafat TMP - inilah.com
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai menghadiri pemakaman Tjahjo Kumolo di TMP, Kalibata, Jumat (1/7/2022) - inilah.com/Haris Muda

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengenang Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) almarhum Tjahjo Kumolo sebagai sosok yang humanis.

Ganjar mengatakan, terakhir kali ia bersenda gurau dengan Tjahjo Kumolo ketika menghadiri resepsi pernikahan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman.

“Terakhir ketemu saat Pak Jokowi menikahkan adiknya. Kami ngobrol satu meja dengan beberapa Menteri ya Gubernurnya kebetulan saya aja,” kata Ganjar usai menghadiri prosesi pemakaman Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan (Jaksel), Jumat (1/7/2022) malam.

Tjahjo Kumolo di mata Ganjar adalah sosok yang identik dengan humor.

“Jadi sempat ledek-ledekan diantara kita itu kesan mas Tjahjo yang sangat cair, jadi kalo berkomunikasi ya kita komunikasi dengan santai dan guyonan,” sambung Ganjar.

Baca juga
Terseret Korupsi e-KTP, KPK Tak Layak Puji Ganjar

Selain Ganjar, sejumlah Menteri dan pimpinan lembaga tinggi negara juga turut hadir dalam pemakaman Tjahjo Kumolo. Diantaranya, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Komunikasi Informasi, Johnny G.Plate hingga Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Upacara pemakaman diawali pembacaan riwayat hidup almarhum diiringi dengan pembacaan apel persada yang disampaikan oleh Pratikno. Kemudian, sebelum peti jenazah Tjahjo Kumolo dimasukkan ke liang lahad, personel TNI dan Polri melakukan tembakan salvo.

Adapun Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memimpin prosesi pemakaman jenazah di blok Z TMP Kalibata Jaksel.

“Kita berdoalah mudah-mudahan beliau dosa-dosanta diampuni, dan seluruh amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT,” pungkas Ganjar.

Tinggalkan Komentar