Sabtu, 20 Agustus 2022
22 Muharram 1444

Gaslink C-Cyl Perkuat Layanan Gas Bumi Subholding Pertamina

Selasa, 14 Des 2021 - 19:20 WIB
Gaslinkccyl - inilah.com

Salah satu afiliasi Subholding Gas Pertamina, yaitu PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) terus berinovasi dalam memberikan layanan yang mumpuni untuk pelanggan.

Pada Selasa (14/12/2021), dikutip dari Antara, Gagas memperkenalkan Gaslink C-Cyl dengan kemasan yang lebih menarik. Di mana, Gaslink C-cyl merupakan Compressed Natural Gas (CNG) untuk pelanggan sektor industri dan komersial yang disalurkan menggunakan tabung berkapasitas 20-25 meterkubik (m3), atau setara dengan 20 kilogram (kg).

Direktur Sales dan Operasi PGN, Faris Aziz menjelaskan, kehadiran Gaslink C-cyl semakin memperluas pemanfaatan gas bumi, khususnya bagi pelanggan yang masih belum terjangkau oleh gas pipa. Baik sektor industri, komersial termasuk UMKM sehingga dapat merasakan manfaat dan keunggulan gas bumi. “Untuk itu, kami menyediakan Gaslink dan Gaslink C-cyl yang dioperasikan oleh Gagas,” jelas Faris.

Baca juga
Foto: Kementerian ESDM Prediksi Harga Pertamax Tembus Rp16 Ribu per Liter

Faris menambahkan, saat ini, Gaslink C-cyl ditampilkan dengan kemasan yang lebih praktis dan menarik bagi pelanggan. Selain, berbentuk tabung, terdapat juga Gaslink C-cyl berbentuk kotak dengan kapasitas lebih besar sekitar 50 M3. Per November 2021, Gagas telah menyalurkan sekitar 4.84 BBTUD untuk 161 pelanggan Gaslink.

Gaslink C-cyl telah diperkenalkan oleh Gagas sejak awal tahun 2021 sebagai alternatif penyaluran Gaslink, khususnya untuk pelanggan yang memiliki keterbatasan lahan dan kebutuhan pemakaian gas bumi yang relative masih kecil (sekitar 300 M3 per bulan).

Untuk skema penyaluran Gaslink regular, Gagas akan menyalurkan gas bumi melalui Gas Transport Module (GTM) yang membawa gas bumi dari SPBG langsung ke lokasi pelanggan.

Sejak awal diperkenalkan Gaslink C-cyl telah mendapatkan antusiasme yang cukup baik dari pelanggan. Sampai dengan Desember 2021, Gaslink C-cyl telah hadir melayani pelanggan di Jakarta, Tangerang, Surabaya hingga Lampung dari berbagai sektor industri, restoran hingga perhotelan dengan rata-rata penyaluran 0.025 BBTUD per bulan. Ke depan, Gaslink C-cyl direncakan akan memperluas jangkaunnya ke beberapa kota seperti Semarang, Cilegon dan Batam.

Baca juga
Bantah Terkait Surya Paloh, NasDem Dukung Premium dan Pertalite Dihapus

Salah satu pengguna Gaslink C-cyl yang telah merasakan manfaat menggunakan Gaslink adalah Restoran Pagi Sore Sunter. Bambang selaku Manager Operasional dari Restoran Pagi Sore Sunter menyampaikan bahwa selain lebih aman, penggunaan Gaslink C-cyl dapat memberikan efisiensi sekitar 10%-15% untuk penggunaan bahan bakar dalam proses memasak. “Apalagi skema pembayarannya juga sangat memudahkan, kita pakai dulu gas-nya setelah itu baru bayar,” ujarnya.

Dalam kesempatan sama, Direktur Utama Gagas, Muhammad Hardiansyah dalam kunjungan ke Restoran Pagi Sore Sunter menjelaskan bahwa Gaslink C-cyl adalah alternatif penyaluran gas bumi yang mengusung konsep HER atau Honest, Efficient and Reliable.

Baca juga
Erick Thohir Sambut Baik Kerja Sama Pertamina-ExxonMobil

“Selain menyasar target industri dan komersial, Gaslink C-cyl utamanya. Kami tujukan untuk pelanggan di sektor UMKM. Kami berharap berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh Gaslink C-cyl, termasuk sistem pembayarannya, dapat memberikan nilai tambah bagi penggunanya,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar