Sabtu, 10 Desember 2022
16 Jumadil Awwal 1444

Gawat! Hutan Hujan Sumatra Masuk Daftar Terancam

Jumat, 24 Jun 2011 - 11:07 WIB
Penulis : Billy A. Banggawan

INILAH.COM, Paris – Penebangan liar, perburuan dan gangguan lain menempatkan hutan hujan di Indonesia dan Honduras masuk Daftar Warisan Dunia PBB dalam Bahaya.

Komite PBB Warisan Dunia mengumumkan keputusan ini di pertemuan di markas UNESCO di Paris. Komite mengatakan, Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatra, “Dimasukkan Daftar Bahaya guna membantu mengatasi ancaman yang ditimbul dari perburuan, penebangan liar, perambahan pertanian, dan rencana pembangunan jalan."

Rio Platano Biosphere Reserve di Honduras kembali masuk daftar terancam di tahun keempat setelah status perlindungan dicabut karena pemerintah Honduras berhasilan mengendalikan serangan yang ada.

Hutan Sumatra seluas 2,5 juta hektare ini ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia pada 2004 atas keanekaragaman hayatinya, sementara Rio Platano Biosphere Reserve yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia pada 1979 ini menjadi rumah bagi penduduk pribumi yang hidup dengan cara tradisional di hutan hujan itu.

Hutan hujan ini sebelumnya telah masuk Daftar Bahaya pada 1996-2007. Seperti dikutip dari keterangan PPB, Daftar Bahaya membantu ‘memfokuskan upaya kementerian pemerintah, masyarakat sipil dan kerjasama internasional’ di daerah yang terancam. [mor]