Jumat, 27 Januari 2023
05 Rajab 1444

Gelombang Massa BEM SI Tiba di Kawasan Patung Kuda

Jumat, 30 Sep 2022 - 16:55 WIB
Img 4985 - inilah.com
Massa aksi unjuk rasa dari BEM Seluruh Indonesia (SI) Kerakyatan di Jakarta, Jumat 30/9/2022). (Foto: Inilah.com/ Dea Hardianingsih)

Massa aksi demo BEM Seluruh Indonesia (SI) Kerakyatan yang terdiri dari sejumlah perguruan tinggi tiba di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat pukul 15.20 WIB.

Pantauan Inilah.com di lokasi, massa hadir dari arah Jalan Merdeka Selatan menuju Bundaran Patung Kuda.

Kehadiran peserta unjuk rasa sempat mengakibatkan kepadatan lalu lintas dari arah Jalan MH Thamrin.

Terlihat ratusan mahasiswa tersebut menggunakan almamater dari Universitasnya masing-masing dan membawa bendera.

Adapun almamater yang mereka gunakan berasal dari Universitas Indonesia (UI), UNNES, PGRI Palembang, Trilogi, Syiah Kuala, UPI, Unikom, Pasundan, Universitas Bangka Belitung, dan Universitas Brawijaya.

Baca juga
Demo Memanas, Mahasiswa Teriak Revolusi Bentrok dengan Polisi di Patung Kuda

Setelah tiba di kawasan Bundaran Patung Kuda, orasi dimulai oleh perwakilan mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) di atas mobil komando.

Hingga kini, aksi masih terus berlangsung dengan pembacaan orasi secara bergilir dengan diamankan oleh anggota Polri dan TNI.

Diketahui, hari ini beberapa mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi menggelar aksi demo di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

“Kami hadir di sini untuk memberikan peringatan kepada pemerintah,” kata orator, Jumat (30/9/2022).

Adapun tuntutan yang disampaikan massa ialah percepatan pengesahan RKUHP yang dianggap bermasalah, mengalokasikan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk subsidi bahan bakar minyak (BBM).

Baca juga
Foto: Tolak Perpanjangan Masa Jabatan Presiden, Mahasiswa Geruduk DPR

Selain itu, mereka juga menuntut penyelesaian masalah pelanggaran hak asasi masusia (HAM), memberantas korupsi, kolupsi, dan nepotisme (KKN).

Mereka juga menuntut Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) agar tidak disahkan serta menolak penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Tinggalkan Komentar