Kamis, 09 Februari 2023
18 Rajab 1444

Gempa 4,5 Magnitudo Guncang Lombok, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Minggu, 16 Okt 2022 - 12:54 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Gempa 4,5 M Guncang Lombok, Warga Berhamburan Keluar Rumah
Gempa 4,5 M Guncang Lombok (Ilustrasi)

Gempa bumi bermagnitudo 4,5 mengguncang wilayah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Minggu (16/10/2022) sekitar pukul 09.13 Wita.

Gempar kategori dangkal dengan kedalaman 10 km itu mengakibatkan sejumlah warga berhamburan keluar rumah.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Nusa Tenggara Barat, Ardhianto Septiandhi dalam keterangan tertulisnya di Praya, Lombok Tengah, Minggu, menyebutkan gempa bumi bermagnitudo 4,5 tersebut juga dirasakan di wilayah Kota Mataram, Lombok Tengah, Lombok Barat dan Pulau Sumbawa.

BMKG Nusa Tenggara Barat menyatakan lokasi gempa terletak di 8.73 LS,116.62 BT atau 13 km Tenggara Lombok Timur dengan kedalaman 10 kilometer.”Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut,” kata Ardhianto Septiandhi.

Baca juga
Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Pesisir Selatan Banten, Masyarakat Diminta Waspada

Ia mengatakan dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Timur III-IV MMI. Selain itu, gempa dirasakan di Sumbawa Barat, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Mataram III MMI .

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami,” katanya.

Tinggalkan Komentar