Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

Gempa di Lumajang, Belum Ada Laporan Kerusakan

Sabtu, 09 Jul 2022 - 12:23 WIB
Penulis : Aria Triyudha
Peta Gempa Copy - inilah.com
Titik pusat gempa dengan kekuatan 5,3 magnitudo pada 167 kilometer barat daya Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang terjadi pukul 09.53 WIB, Sabtu (9/7/2022). Foto: Antara

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang belum menerima laporan erusakan akibat gempa yang terjadi di barat daya Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu dini hari. (9/7/2022).

“Sejauh ini hasil pantauan tidak terdapat laporan kejadian (kerusakan),” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana dan Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan.

Sebagai informasi, gempa bumi 5,2 magnitudo terjadi di wilayah selatan Jawa Timur pada pukul 03.27 WIB. Pusat gempa dilaporkan 171 kilometer barat daya Kabupaten Lumajang dengan kedalaman 47 kilometer.

Seperti dikutip Antara, gempa terasa hingga sejumlah wilayah antara lain Karangkates dan Kepanjen di Kabupaten Malang. Selain itu, Kabupaten Lumajang, dan Bliter dengan skala intensitas II Modified Mercalli Intensity (MMI).

Baca juga
Tanggulangi Erupsi Semeru, Gubernur Khofifah Berkantor di Lumajang

Skala II MMI, yakni getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kemudian, gempa susulan terjadi pada pukul 05.50 WIB dengan kekuatan 5,0 magnitudo. Gempa ini terjadi pada 163 barat daya Kabupaten Lumajang, dengan kedalaman 10 kilometer.

Pada 09.53 WIB dengan kekuatan 5,3 magnitudo dengan kedalaman 10 kilometer pada 167 kilometer barat daya Kabupaten Lumajang. Gempa ini dirasakan di Pasirian, Lumajang, Kepanjen Kabupaten Malang hingga ke wilayah Kota Malang.

“Saat ini masih terus dipantau dan menunggu informasi dari wilayah. Belum ada laporan kerusakan,” ujar Sadono menegaskan.

Salah satu warga Kota Malang Krisna Ade mengatakan, getaran gempa bumi susulan yang terjadi kurang lebih pada pukul 09.53 WIB tersebut dirasakan ringan dan menyebabkan sejumlah benda bergoyang.

Baca juga
Ketua KNPI Laporkan Kasus Pengeroyokan Dirinya ke Polda Metro Jaya

 

Tinggalkan Komentar