Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

Genjot Pariwisata, Thailand Targetkan 15 Juta Kedatangan Turis Asing Tahun Ini

Genjot Pariwisata, Thailand Targetkan 15 Juta Kedatangan Turis Asing Tahun Ini

Thailand tengah menggenjot sektor pariwisatanya setelah sempat terpuruk saat masa pandemi COVID-19. Negeri Gajah Putih itu menargetkan 5-15 juta kedatangan turis asing saat beberapa negara melonggarkan aturan perjalanan untuk tahun ini.

Mulai 1 Mei lalu, Thailand telah menghapus tes COVID-19 pada saat kedatangan, langkah terbaru yang bertujuan untuk menghidupkan kembali industri pariwisata yang babak belur yang menyumbang sekitar 12 persen dari produk domestik bruto.

“Wisatawan diperkirakan menghabiskan antara 630 miliar baht atau senilai US$18,35 miliar dan 1,2 triliun baht tahun ini,” kata juru bicara pemerintah Thanakorn Wangboonkongchana dalam sebuah pernyataan, mengutip proyeksi Otoritas Pariwisata Thailand.

Baca juga
Lapor Pak Mendag, Minyak Goreng Curah Menghilang di Probolinggo

Jumlah wisatawan diprediksi akan mencatat peningkatan substansial pada 428.000 kedatangan asing pada tahun 2021, tetapi masih jauh dari kedatangan pengunjungan pada tahun 2019 yang mencapai hampir 40 juta yang menghabiskan sekitar 1,91 triliun baht.

Dari Januari hingga April, Thailand menerima 742.386 turis asing dan jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat secara signifikan, kata Thanakorn.

Dalam pertemuan yang dipimpin oleh Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha, satuan tugas ekonomi pada Jumat menyetujui perpanjangan dukungan untuk industri perjalanan domestik hingga September mulai Mei, termasuk subsidi pemerintah 40 persen.

Pariwisata domestik diharapkan menghasilkan sekitar 660 miliar baht tahun ini, kata Thanakorn.

Baca juga
Berkah Transformasi Digital, Laba Bank Mandiri 2021 Tembus Rp28 Triliun

Namun demikian, industri pariwisata mungkin tidak kembali ke tingkat prapandemi hingga 2026, menurut gubernur bank sentral Thailand Sethaput Suthiwartnarueput. [ikh]

Tinggalkan Komentar