Sabtu, 26 November 2022
02 Jumadil Awwal 1444

Geser Aboe Bakar, Adang Daradjatun Jadi Ketua MKD

Selasa, 27 Sep 2022 - 18:45 WIB
Adang Daradjatun - inilah.com
Adang Daradjatun jabat Ketua MKD. (Foto: DPR)

Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel melantik politisi PKS Adang Daradjatun sebagai Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) menggantikan Aboe Bakar Al-Habsyi. Proses pergantian dilakukan sesuai dengan surat dari Fraksi PKS yang menunjuk eks Wakapolri dengan nomor anggota 426 sebagai Ketua MKD menggantikan Aboe Bakar yang memiliki nomor anggota 454.

“Hari ini sesuai dengan agenda rapat kita akan melakukan penetapan Ketua MKD DPR RI,” ujar Gobel di Ruang MKD, Gedung DPR, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Aboe Bakar menilai penggantian Ketua MKD  yang telah didudukinya selama 3 tahun merupakan rotasi yang wajar bagi internal PKS. Dia malah bangga digantikan Adang Daradjatun.

Baca juga
Dipanggil MKD, Mahfud Tak Sebut Nama Legislator yang Dikontak Ferdy Sambo

“Hampir 3 tahun kita sudah menjalankan tugas dengan segala suka dukanya. PKS telah mengusulkan pergantian saya sendiri sebagai Ketua MKD diberikan kepada Jenderal Adang. Pada dasarnya pergantian di PKS itu biasa karena perputaran dan pembagian tugas,” jelasnya.

Menurutnya, Adang layak menjadi Ketua MKD. Adang dianggap memiliki rekam jejak mumpuni menjadi penjaga etik anggota DPR.

“Saya yakin dan percaya Pak Adang akan lebih baik lagi meneruskan perjalanan di MKD ke depan. Saya juga meminta maaf apabila dalam menjalankan tugas masih ada kekurangan,” ujarnya.

Aboe Bakar sebelumnya dilaporkan ke MKD lantaran insiden adanya panggilan suara perempuan yang diduga berasal dari ponselnya ketika Komisi III DPR menggelar rapat kerja dengan Kapolri. Laporan tersebut tidak dilanjutkan.

Baca juga
Effendi Simbolon Punya Impunitas, MKD Ogah Tindaklanjuti Kasus Etik

Dengan adanya rotasi pimpinan maka komposisi MKD kini diemban oleh Adang selaku Ketua MKD didampingi Wakil Ketua diantaranya, Trimedya Panjaitan (PDI Perjuangan), Andi Rio Idris Padjalangi (Golkar), Habiburokhman (Gerindra) dan Nazarudin Dek Gam (PAN).

Tinggalkan Komentar