Sabtu, 28 Januari 2023
06 Rajab 1444

GIIAS 2022 Dinilai Mampu Tunjukkan Masa Depan Industri Otomotif Indonesia

Senin, 22 Agu 2022 - 15:22 WIB
Giias Otomotif
(foto: Inilah.com)

Ajang pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) resmi berakhir pada Minggu (21/8/2022). Gelaran GIIAS ke-29 ini dinilai mampu mencapai tujuannya untuk menunjukkan masa depan industri otomotif yang cerah, sesuai dengan tema yang diusung yakni The Future is Bright.

GIIAS 2022 tampil beda merepresentasikan masa depan industri otomotif Indonesia yang cerah, terus tumbuh, bergerak kedepan, menyongsong berbagai inovasi teknologi di masa depan. Kehadiran berbagai inovasi teknologi otomotif, termasuk teknologi kendaraan bermotor listrik di GIIAS 2022, menjadi representasi pencapaian industri otomotif nasional.

Pernyataan ini juga diamini oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang menegaskan, dalam sambutannya saat pembukaan GIIAS 2022 pada 11 Agustus lalu, bahwa masa depan industri otomotif Indonesia akan selalu cerah.

“Saya apresiasi the Future is Bright, terlebih lagi apapun situasinya, kita hadapi the Perfect Storm, tapi jangan khawatir, mobil ada lampunya jadi the Future is Always Bright,” ujar Menko Airlangga.

Tentunya perkembangan pesat industri otomotif Indonesia tidak lepas dari dari dukungan Pemerintah Republik Indonesia, terutama pada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Perindustrian.

Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi juga mengungkapkan bahwa GAIKINDO berkomitmen untuk terus memberikan informasi dan edukasi tentang perkembangan industri otomotif Indonesia kepada masyarakat melalui GIIAS, untuk itu GIIAS 2022 mempersiapkan area GIIAS Electric Vehicle Test Track.

“Penting bagi GAIKINDO untuk memberikan informasi dan edukasi yang tepat kepada seluruh masyarakat mengenai teknologi kendaraan listrik, melalui GIIAS EV Test Track, Kami yakini telah memenuhi keingintahuan masyarakat, dan pada akhirnya akan membangun animo publik,” tutur Nangoi.

Baca juga
Dua Mobil Baru Suzuki Siap Meluncur di GIIAS 2022

Menurut dia, menjadi kebanggaan tersendiri bagi GAIKINDO karena GIIAS kali ini dapat mengedepankan teknologi masa depan, dan memberikan edukasi dan membangun dukungan masyarakat tentang teknologi kendaraan listrik, lewat area indoor GIIAS Electric Vehicle Test Track.

“GAIKINDO berharap berlangsungnya GIIAS dan program EV Test Track dapat mendukung terbentuknya dukungan masyarakat, akan mempercepat tercapainya ekosistem industri kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Nangoi.

Giias Otomotif

Tingginya Antusiasme Pengunjung

Tahun ini, ajang GIIAS kembali menjadi tuan rumah bagi kehadiran berbagai inovasi teknologi otomotif. Sebanyak 39 kendaraan penumpang dan komersial diluncurkan, termasuk di antaranya adalah peluncuran 16 kendaraan listrik, dan dua kendaraan konsep. Selain itu, GIIAS 2022 juga menjadi tempat pelucuran bagi tujuh sepeda motor dengan teknologi terkini.

“Antusiasme masyarakat terhadap teknologi terkini dari industri otomotif Indonesia sangat luar biasa tahun ini, tecatat 385.487 pengunjung hadir disepanjang penyelenggaraan GIIAS 2022. Selain teknologi otomotif terkini, area EV Test Track juga menjadi magnet bagi para pengujung GIIAS 2022,” ungkap Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO.

Pada area yang menekankan keunggulan kendaraan bermotor listrik ini, yaitu tidak menghasilkan polusi gas buang dan suara. Lebih dari 10.000 pengujung telah mencoba dan merasakan langsung sensasi kendaraan listrik, baik kendaraan penumpang, kendaraan komersial maupun sepeda motor diarea GIIAS EV test track sepanjang pameran berlangsung.

Baca juga
Airlangga: Modifikasi Dorong Industri Otomotif Dalam Negeri

Pelaksanaan GIIAS tahun ini juga menjadi ajang yang mendorong pencapaian industri otomotif Indonesia. Meski GAIKINDO tidak pernah menetapkan penjualan sebagai target pada GIIAS, namun pencapaian yang sangat baik dari para peserta GIIAS 2022, akan menjadi faktor pendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia.

“Penyelenggaraan GIIAS setiap tahunnya memiliki misi untuk menunjukkan prestasi industri otomotif Indonesia, sekaligus menjadi dorongan untuk pertumbuhannya, jadi saya rasa pada penyelenggaraan kali ini, GIIAS berhasil memenuhinya,” jelas Rizwan.

Total 25 merek kendaraan penumpang dan komersial hadir pada GIIAS 2022, yakni Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks.

Sepeda motor juga berpartisipasi, tercatat 15 merek ternama roda dua unjuk gigi pada GIIAS tahun ini. Mulai Alva, AHM, Benelli, CF Moto, Exotic Bike, Gelis, Keeway, Minerva, Pacific Bike, Royal Enfield, Segway, Selis, SM Motor, SYM, dan Wmoto. Masih ada lagi lebih dari 100 merek industri pendukung yang turut berpartisipasi, dan juga dari industri karoseri, yaitu Adiputro, Laksana, dan Tentrem.

Penyelenggaraan GIIAS 2022 mendapatkan dukungan penuh dari para sponsor, yakni Astra Financial sebagai platinum sponsor yang hadir bersama FIFGROUP, Astra Credit Company, Toyota Astra Financial, Asuransi Astra, Astra Life, Astra Pay, dan MauCash, MOXA, dan SEVA. Ilectra Motor Group Electrified by ALVA, OLX Autos sebagai official trade in partner, dan Pertamax Turbo. Serta sponsor GIIAS 2022 lainnya, GT Radial, Llumar, Astra Honda Motor, Protera Protection, Permata Bank, Superchallenge, The Body Shop, Skrineer, dan Bkleen.

Baca juga
Antusiasme Pengunjung GIIAS Terhadap Layanan Jual Mobil OLX Autos

Giias Otomotif

GIIAS 2022 The Series Berlanjut

Rangkaian GIIAS 2022 masih belum selesai, pecinta otomotif dari kota-kota strategis di Indonesia lainnya akan kembali disuguhkan berbagai produk serta teknologi terkini puluhan merek ternama industri otomotif pada GIIAS The Series. Dimulai dari GIIAS Surabaya pada 14-18 September 2022 di Grand City Convex, lalu GIIAS Medan pada 5-9 Oktober 2022 di Santika Premier Hotel and Convention, dan ditutup oleh GIIAS Makassar pada 16-20 November 2022 di Celebes Convention Center.

Penyelenggaraan GIIAS telah direncanakan akan kembali hadir di tahun depan, tepatnya pada 10-20 Agustus 2023 di ICE-BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten.

“Kami mengharapkan dukungan yang sama pada penyelenggaraan GIIAS 2023 dari seluruh Agen Pemegang Merek (APM) anggota GAIKINDO dan tentunya masyarakat Indonesia, agar rencana penyelenggaraan GIIAS tahun depan dapat kembali terlaksana dengan baik,” tutup Rizwan.

Giias Otomotif

Tinggalkan Komentar