Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

Ginting Ungkap Penyebab Sulitnya Singkirkan Wakil Thailand Kunlavut Vitidsarn

Kamis, 09 Jun 2022 - 07:17 WIB
Penulis : Harris Muda
Editor : Ibnu Naufal
Anthony sinisuka Ginting (Foto inilah.com)
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting (Foto inilah.com)

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting menyebut hilang fokus jadi penyebab dirinya hampir kalah kontra wakil Thailand Kunlavut Vitidsarn, di babak utama Indonesia Masters 2022, Rabu (8/6/2022).

Pada laga berlangsung di Istora kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Ginting sukses meraup kemenangan dramatis lewat rubber game yang berkesudahan 16-21, 21-16, 21-18.

“Di gim ketiga saya kurang bisa mengatur fokus. Saya bisa unggul karena Kunlavut lebih banyak mati sendiri, bahkan saat saya serang dia mudah menyerah. Tapi memang dia kalau sudah tertinggal malah mainnya jadi tanpa beban,” kata Ginting pasca laga di Istora.

Ada pun ketertinggalan di gim pertama kata Ginting, dirinya cenderung bermain kurang sabar kontra pemain muda asal Thiland yang dinilai cukup eksplosif meladeni serangan darinya.

Baca juga
Foto: Indonesia Masters 2022, Anthony Ginting Kalahkan Tunggal Thailand

“Di gim pertama memang kurang sabar, padahal Kunlavut itu tipenya makin senang kali dia diserang. Penerimaannya dia jadi enak. Di gim kedua saya lebih sabar, perbanyak pukulan dan menata fokus,” terangnya.

Kemenangah kontra Kunlavut sekaligus memastikan Ginting mendapati satu tempat di babak 16 besar yang sudah lebih dulu diisi wakil Indonesia lainnya di nomor tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo.

Jalannya pertandingan

Ginting memulai pentas perdana di Indonesia Masters 2022 kontra Thailand dengan kurang baik. Ia bahkan sempat tertinggal jauh 2-7 dari Kunlavut jelang interval gim pertama.

Terus mendapat tekanan dari lawan, interval gim pertama pun menjadi milik Kunlavut lewat keunggulan 5-11.

Usai jeda, Ginting tampak mulai berani melancarkan serangan bertubi-tubi pada wakil Thailand. Beruntung ia mampu mengejar ketertinggalan dan menyamakan kedudukan 13-13.

Baca juga
Taklukkan Wakil Malaysia, Apriyani/Fadia Melaju ke Partai Final Indonesia Masters 2022

Selepas kedudukan sama, Ginting justru kembali tampil kendor. Ia hanya mampu meraih tiga poin tambahan selang Kunlavut menutup gim pertama lewat keunggulan 16-21.

Pada gim kedua, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu mampu mencatut keunggulan di interval gim lewat skor 11-9.

Tak perlu waktu lama bagi Ginting menyudahi set kedua. Kendati angka sempat didekati Kunlavut, Ginting akhirnya sukses meraup keunggulan di gim kedua lewat skor 21-16.

Di set penentuan, Ginting semakin diatas angin. Selapas memegang interval, Ginting bahkan mampu unggul jauh 5-17.

Momen itu lantas membangkitkan kepercayaan diri para penonton Istora jika Ginting dapat menyelesaikannya dengan mudah.

Baca juga
Akun IG Yeremia Raib Setelah Videonya Diduga Lakukan Pelecehan Viral

Sayang, drama mulai terjadi pada angka tersebut. Ginting tampak kehilangan fokus hingga Kunlavut mampu memanfaatkannya dengan baik dan mamangkas jarak menjadi 18-15.

Ginting kembali mendapat angin kala mencatut satu angka tambahan. Namun, wakil Thailand juga tampil percaya diri dan memaksa Ginting berada di posisi yang mendebarkan di angka 19-18.

Beruntung, Ginting dapat menyudahi segera perlawanan Thailand dan mencatut kemenangan di gim ketiga lewat skor 21-18

Tinggalkan Komentar