Jumat, 27 Januari 2023
05 Rajab 1444

Grand Maerakaca, Destinasi Wisata Miniatur Jawa Tengah di Kota Semarang

Minggu, 04 Des 2022 - 06:10 WIB
harga tiket masuk grand maerakaca, lokasi sejarah
Destinasi wisata Grand Maerokaca terletak di tengah kota Semarang. Dokumentasi Inilah.com/Mia Umi Kartikawati

Mengenal daerah Jawa Tengah ternyata bisa dengan hanya mengunjungi satu tempat wisata, yaitu ke Grand Maerakaca. Mengapa?

Ternyata, destinasi wisata di Jawa Tengah itu menyerupai Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII). Bedanya adalah TMII menyajikan semua daerah yang ada di Indonesia, kalau Grand Maerakaca menampilkan seluruh wilayah yang ada di Jawa Tengah lengkap dengan gaya rumah adat di setiap daerahnya.

“Ini kan miniatur rumah adat Jawa Tengah. Ini khusus di Jawa tengah. Ada 35 Kab/Kota terdiri dari 6 kota dan sisanya kabupaten,” kata Ari Setyowati marketing Grand Maerakaca kepada Inilah.com ditulis di Semarang, Minggu, (04/12/2022).

Ketika Anda masuk dan menikmati indahnya miniatur rumah adat Jawa Tengah, bisa menikmati pula indahnya hutan mangrove. Ini juga menyerupai seperti peta Jawa Tengah.

harga tiket masuk Grand Maerakaca, lokasi, sejarah
Salah satu tempat foto terbaik berada di tengah-tengah hutan mangrove di Grand Maerakaca. Dokumentasi Inilah.com/Mia Umi Kartikawati

Harga Tiket Masuk Grand Maerakaca

Untuk masuk dan menikmati destinasi wisata Grand Maerakaca ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 20.000 saja.

Menikmati hutan mangrove bisa dengan naik perahu. Ini juga menjadikan perjalanan Anda semakin menarik karena bisa memperkaya dengan tempat foto terbaik berlatarkan hutan mangrove.

Baca juga
5 Anime China Donghua, Cocok Temani Liburan
Hutan Mangrove yang menjadi salah satu tempat foto terbaik di Grand Maerokaca. Dokumentasi Inilah.com/Mia Umi Kartikawati

Paket prewedding

Tidak kalah penting, Grand Maerakaca juga memberikan paket prewedding. Harga yang ditawarkan juga sangat bersahabat. Anda hanya perlu membayar Rp500 ribu untuk mendapatkan fasilitas gratis lima tiket masuk, satu tempat anjungan untuk singgah dan merias, serta tempat foto yang bisa bebas Anda pilih.

“Di sini termasuk murah untuk paket prewedding. Karena dapat satu anjungan yang kami sediakan untuk tempat singgah dan merias, kemudian bisa juga foto di berbagai sudut Grand Maerakaca,” papar Ari.

Rumah Adat Kabupaten Rembang di Grand Maerokaca. Dokumentasi Inilah.com/Mia Umi Kartikawati.

Memiliki luas sekitar 24 ha, berkeliling Grand Maerokaca membuat Anda bisa menggali lebih dalam setiap daerah yang ada di Jawa Tengah. Anda juga bisa menggunakan kereta yang sudah tersedia.

Sebuah contoh bisa Anda lihat, ketika mengunjungi rumah adat Rembang. Anda bisa melihat patung R.A Kartini, yang terkenal menjadi salah satu pahlawan perempuan. Pada halaman di rumah adat Rembang, Anda bisa melihat miniatur buku R.A Kartini yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang.

Baca juga
Bogor Izinkan Buka Tempat Wisata

Rembang adalah daerah yang juga terkenal memiliki museum R.A Kartini. Perlu Anda ketahui, museum tersebut khusus yang didirikan atas prakarsa dari Bupati Rembang Drs. Adnan Widodo (1967) untuk mengenang jasa-jasa tokoh emansipasi perempuan R.A. Kartini.

Spot foto instagramable di Lumina Grand Maerakaca serasa berada di lima negara

Tidak lengkap rasanya jika ke Grand Maerakaca tanpa berkunjung ke Lumina. Sebuah tempat di sudut Grand Maerakaca yang bisa membawa Anda serasa berada di lima negara.

Sejarah Maerokoco
Salah satu tempat foto di Lumina Grand Maerakaca menampilkan fasad rumah di Jepang. Dokumentasi Inilah.com/Mia Umi Kartikawati

Usai dibangun pada bulan September 2020, di Lumina Anda bisa melihat dan berfoto di sekitar fasad rumah-rumah dari beberapa negara, antara lain Jepang, Santorini Yunani, Turki, Mexico dan Arab sepanjang 200 meter.

Sejarah Maerokoco
Tempat foto terbaik di Lumina Grand Maerakaca, kota Semarang. Dokumentasi Inilah.com/Mia Umi Kartikawati.

Anda juga dapat berfoto dengan latar rumah-rumah yang unik dan penuh warna.

harga tiket masuk Grand Maerakaca, lokasi, sejarah
Tempat foto terbaik di Lumina Grand Maerakaca. Rumah dengan penuh warna. Dokumentasi Inilah.com/Mia Umi Kartikawati

Jam operasional

Grand Maerakaca dibuka untuk umum dari jam 08.00 hingga 18.00 WIB. Lokasi Grand Maerakaca ada di Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50114, Anda bisa dengan mudah mengakses menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Baca juga
Inilah 4 Destinasi Wisata di Kota Malang, Sayang Jika Dilewatkan!

Jika ingin datang bersama rombongan, Grand Maerakaca juga menyediakan paket wisata yang bisa Anda pesan sesuai kebutuhan. Hal tersebut bisa Anda dapatkan di loket tiket atau bisa mengakses Agoda yang menjadi one stop shop untuk perjalanan dengan semua yang Anda butuhkan.

Kali ini, Agoda meluncurkan kampanye ‘Family Travel’ guna mempromosikan wisata untuk seluruh keluarga, di segala usia. Salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga adalah Grand Maerakaca.

Kampanye ini bertujuan untuk memperkenalkan tujuan wisata domestik. Anda bisa menghabiskan waktu berharga dan membuat kenangan indah bersama keluarga melalui sajian kuliner otentik, aktivitas menyenangkan, dan tempat-tempat untuk dikunjungi.

Tinggalkan Komentar