Minggu, 25 September 2022
29 Safar 1444

Gubernur Anies Tambah Lajur Sepeda Thamrin-Sudirman Tiap Akhir Pekan

Minggu, 20 Mar 2022 - 05:12 WIB
Anies Lajur Sepeda
(ist)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menambah satu lajur untuk sepeda sepanjang Jalan Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman setiap Sabtu-Minggu atau hari libur nasional.

“Silahkan dimanfaatkan untuk bersepeda bersama teman dan keluarga. Tetap jaga protokol kesehatan dan taati rambu-rambu lalu lintas, serta saling menghormati pengguna jalan lain,” kata Anies melalui akun Instagram @aniesbaswedan, Sabtu (19/3/2022).

Lajur sepeda yang dinamakan ‘pop up bike lane‘ itu diberlakukan pada Sabtu atau libur nasional pukul 05.30 hingga 08.30 WIB serta hari Minggu pukul 05.30 hingga 09.00 WIB.

Lajur sepeda tersebut menggunakan sebagian jalur lalu lintas di samping jalur permanen.

Baca juga
Kementerian PUPR Akan Mulai Pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Di Jakarta

Sebelumnya, Gubernur Anies menargetkan 170 kilometer jalur sepeda di Ibu Kota hingga akhir 2021.

Per Juni 2021, total jalur sepeda di DKI Jakarta mencapai 63 kilometer, salah satu yang paling terkenal adalah jalur sepeda permanen di sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman di Jakarta Pusat-Jakarta Selatan.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menargetkan membangun jalur sepeda dengan panjang sekitar 190 kilometer pada 2022.

“Itu termasuk dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) maupun kegiatan strategis daerah,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo, setelah rapat dengan Komisi B di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Januari lalu.

Baca juga
Integrasi Transportasi Masa Depan Jakarta, Anies Bangun Simpang Temu Lebak Bulus

Menurut dia, penambahan jalur itu untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat yang beralih menggunakan sepeda, baik untuk olahraga atau transportasi untuk bekerja.

Syafrin mengungkapkan pada 2019 terjadi peningkatan hingga 1.000 persen pengguna sepeda di Jakarta.

Tinggalkan Komentar