Senin, 08 Agustus 2022
10 Muharram 1444

Guguran Lahar Besar Terjadi di Gunung Semeru

Kamis, 16 Des 2021 - 10:24 WIB
Guguran Lahar Besar Terjadi di Gunung Semeru

Guguran lahar besar terjadi di Gunung Semeru. Peristiwa erupsi itu terjadi lagi pada pukul 09.01 WIB, Kamis (16/12/2021).

“Informasi dari lapangan ada terjadi guguran lahar besar,” ujar Kepala Stasiun Geofisika BMKG Tretes, Kabupaten Pasuruan, Djati Cipto Kuncoro hari ini.

Djati menjelaskan cuaca di lokasi cerah berawan sehingga peristiwa terjadi guguran lahar besar di Gunung Semeru tersebut tidak tampak.

“Sementara dari Posko tempat saya live masih jauh kurang lebih 30 menit, tapi kondisi cuaca berawan menutupi puncak gunung sehingga dari kejauhan tidak tampak,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau pos pengungsian akibat erupsi Gunung Semeru pada hari ini.

Baca juga
TNI Tambah Alat Berat Bantu Sisir Korban Erupsi Gunung Semeru

Wapres dan rombongan terbatas lepas landas pukul 07.30 WIB, dengan menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI Angkatan Udara dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Wapres kemudian melanjutkan penerbangan ke Kabupaten Lumajang dengan menggunakan Helikopter Super Puma VVIP dengan didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Pos pertama yang akan dikunjungi Wapres ialah di Desa Penanggol, Kecamatan Candipuro. Di pos tersebut terdapat tenda-tenda darurat yang didirikan Kementerian Sosial, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPD), Palang Merah Indonesia (PMI), TNI, Polri, Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Baca juga
Huntara Pengungsi Semeru Bisa Ditempati Sebelum Lebaran

Wapres juga melakukan shalat gaib untuk mendoakan para arwah korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Tinggalkan Komentar