Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Gunung Bongkok, Spot Sunrise Terbaik di Purwakarta

Kamis, 19 Jan 2023 - 03:35 WIB
sejarah dan harga tiket masuk Gunung Bongkok
Sunrise di Gunung Bongkok. Foto: liputan6.com

Sebagai destinasi wisata, gunung pastinya memberikan pengalaman bertualang yang berbeda, terlebih jika Anda memang suka mendaki dan menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Dari sekian banyak gunung yang ada di Indonesia, destinasi dengan pemandangan sunrise yang terkenal kecantikannya adalah Gunung Bongkok. Gunung dengan ketinggian 975 mdpl ini terletak di Cikandang, Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Puncak Gunung Bongkok

Gunung Bongkok memiliki dua puncak. Puncak pertama terkenal sebagai spot terbaik untuk menikmati sunrise.

Sementara puncak yang kedua dikenal dengan nama Watu Tumpuk atau Batu Tumpuk. Ini menjadi puncak tertinggi Gunung Bongkok yang menawarkan pemandangan waduk Jatiluhur dan Kota Purwakarta. Bisa dibilang, puncak Watu Tumpuk merupakan spot instagramable untuk berswafoto. 

Area puncak ini memiliki karakteristik bebatuan besar yang menjulang, sehingga tidak cocok untuk mendirikan tenda. Selain penuh batu, angin di puncak Watu Tumpuk juga kencang dan belum dilengkapi pagar pembatas.

Untuk perjalanan dari titik mulai pendakian ke puncak tak memakan waktu banyak, hanya sekitar 1 hingga 2 jam saja. Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati karena kontur tanah sepanjang jalur tidak rata dan bisa sangat licin setelah turun hujan. 

sejarah dan harga tiket masuk Gunung Bongkok
Pemandangan Waduk Jatiluhur dari puncak Gunung Bongkok. Foto: nativeindonesia.com

Sejarah Gunung Bongkok Purwakarta

Sejarah destinasi Purwakarta ini bermula dari sosok legenda yang sakti dan memiliki postur tubuh besar, yaitu Jongkrang Kalapitung. Konon, ia mampu meloncat dari satu tempat ke tempat lain, seperti meloncat dari gunung Parang ke gunung Bongkok.

Dikisahkan, awalnya Gunung Bongkok memiliki ketinggian yang jauh lebih tinggi dari ketinggiannya sekarang. Namun, karena Jongkrang Kalapitung sering melompat ke puncak gunung ini, menyebabkan bentuk gunung ini menjadi bungkuk atau bongkok, sehingga tingginya pun berkurang. Dari cerita ini pula nama tersebut diambil.

Lokasi dan Alamat

Destinasi ini berlokasi tidak jauh dari Pasar Plered. Alamat lengkapnya berada di Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Lokasi

Akses untuk menuju destinasi ini terbilang cukup mudah dan dapat dilalui dengan motor dan mobil hingga sampai ke lokasi parkiran area wisata.

Dari arah pusat Purwakarta, Anda bisa langsung menuju ke daerah Plered, dan dari sini langsung saja teruskan ke arah Desa Cikandang. Nantinya, Anda dapat dengan mudah menemukan Pos Munclu. Di pos ini, para pengunjung dapat menitipkan kendaraan yang mereka bawa dengan aman. 

Bagi Anda yang datang dari luar Purwakarta bisa memilih opsi keluar dari pintu tol Ciganea, kemudian ambil jalur sebelah kanan, karena jalur ke sebelah kiri adalah rute menuju Taman Air Mancur Sri Baduga.

sejarah dan harga tiket masuk Gunung Bongkok
Puncak Datar Gunung Bongkok. Foto: purwakartanews.com

Harga Tiket Masuk dan Biaya Camping

Harga tiket masuk untuk menikmati sunrise di puncak Gunung Bongkok adalah Rp12.000 per orang. Namun, harga tersebut di luar dari biaya parkir. Parkir motor dikenakan biaya sebesar Rp 5.000, sedangkan mobil dikenakan Rp 10.000.

Bagi Anda yang ingin bermalam di puncak, tidak perlu repot membawa peralatan tenda karena di pengurus tempat wisata juga menyediakan fasilitas sewa tenda camping atau saung. Tarif untuk camping adalah Rp 10.000/malam.

Jam Operasional

Anda bisa menikmati pesona keindahannya kapan saja karena destinasi ini buka setiap hari dan selama 24 jam.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang tersedia untuk pengunjung meliputi:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Kantin/warung
  • Mushola
  • Gazebo

Tinggalkan Komentar