Selasa, 29 November 2022
05 Jumadil Awwal 1444

Gurihnya Bisnis Telemedis Meski Pandemi COVID-19 Mulai Landai

Senin, 29 Agu 2022 - 20:11 WIB
Gurihnya Bisnis Telemedis Meski Pandemi COVID-19 Mulai Landai
Bisnis telemedis tetap menggiurkan ketika pandemi COVID-19 melandai.

Pengguna layanan telemedis saat pandemi COVID-19 melandai, bertumbuh cukup tinggi. Kemudahan serta keamanan menjadi alasan utama pengguna layanan kesehatan melalui kanal virtual ini.

Memasuki era transisi endemi pada 2022, mengingat kasus COVID-19 tidak setinggi sebelumnya, tren penggunaan telemedis, ternyata tetap tinggi. Mengutip riset Katadata Insight Center, pengguna baru telemedis dalam 6 bulan terakhir, tumbuh sampai 44 persen. Kenyamanan, kemudahan akses dan keamanan menjadi alasan utama para pasien tetap menggunakan layanan ini.

Kemudahan akses kesehatan melalui telemedis, sejatinya menjadi lebih baik jika diiringi kemudahan dalam pembayaran. Konsultasi dokter jarak jauh, melalui aplikasi telemedis kini dimungkinkan pembayarannya lewat e-wallet, transfer dengan akun virtual, atau kartu kredit. Masyarakat betul-betul dimudahkan lagi apabila tersedia pembayaran melalui asuransi.

Baca juga
Faktor PHK Dongkrak Jumlah Pelaku UMKM Sulsel Sejak Pandemi COVID-19

Untuk itulah AlteaCare dan Garda Medika dari Asuransi Astra menjalin kolaborasi dalam upaya memberikan kemudahan layanan kesehatan bagi masyarakat. “Memasuki era transisi endemi kondisi finansial masyarakat kita masih cenderung belum pulih, namun di lain sisi kesehatan tetap perlu dijaga dari berbagai risiko penyakit, dengan adanya asuransi kesehatan di AlteaCare ini membuat masyarakat merasa menjadi lebih aman dari berbagai risiko kehidupan. Untuk itulah kami bekerja sama dengan Garda Medika dari Asuransi Astra guna menjawab kebutuhan tersebut,” papar Chief Executive Officer AlteaCare, Mikaela Oen, Jakarta, Senin (29/8/2022).

Tidak hanya penggunaan telemedis yang bertumbuh, kebutuhan akan asuransi pun bertumbuh, bahkan angkanya meningkat tahun ini. Hal ini terlihat dari data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) yang mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan klaim asuransi kesehatan di kuartal I-2022, mencapai 28,3 persen ketimbang periode sama di tahun lalu. Perkembangan ini harus ditangkap dengan kolaborasi yang baik antara pelaku telemedis, asuransi dan rumah sakit demi memberikan layanan kesehatan yang lebih baik pada masyarakat.

Baca juga
APJII: Pengguna Internet di Indonesia Kini Berjumlah 210 Juta

Direktur Operasional Asuransi Astra, Hendry Yoga memaparkan, kerja sama ini memungkinkan para peserta Garda Medika tetap memanfaatkan benefit rawat jalan yang dimiliki secara cashless, melalui integrasi antara fitur e-consultation pada aplikasi Garda Mobile Medcare dengan AlteaCare. “Diharapkan kolaborasi ini bisa mewujudkan peace of mind bagi para peserta Garda Medika yang membutuhkan layanan terintegrasi, kemudahan, kenyamanan serta keamanan,” papar Hendry.

Dia menambahkan, kesehatan yang prima penting untuk dijaga di kondisi apapun. Untuk itu Garda Medika hadir untuk memenuhi kebutuhan perlindungan kesehatan dengan biaya memadai dan fleksibilitas layanan serta manfaat perlindungan yang lengkap.

Baca juga
Rajin Olahraga Kunci Terbaik Cegah Penyakit Jantung

Dengan adanya kerja sama antara AlteaCare dan RS Mitra Keluarga dengan Garda Medika ini, peserta Garda Medika dapat menikmati layanan telemedis via fitur e-consultation pada aplikasi Garda Mobile Medcare yang telah terintegrasi dengan Alteacare.

Tinggalkan Komentar