Minggu, 26 Maret 2023
04 Ramadhan 1444

Habib Rizieq Ditahan, Ini Respon Eks Petinggi MUI

Minggu, 13 Des 2020 - 10:00 WIB
Penulis : Willibrodus Nafie
Tengku Zulkarnain

INILAHCOM, Jakarta -  Habib Rizieq Shihab resmi ditahan Polda Metro Jaya pada Minggu (13/12/2020) dini hari.Penahanan dilakukan setelah penyidik Polda Metro Jaya memeriksanya kurang lebih 14 jam.

Habib Rizieq ditahan selama 20 hari ke depan. Salah satu alasan penahanan agar Habib Rizieq tidak melarikan diri.

Sementara itu, mantan Wasekjen MUI Tengku Zulkarnain, lewat akun media sosialnya menanggapi hal tersebut

"Aknkah dunia akan mencatat betapa seorang warga negara ditangkap karena mengadakan walimah pernikahan anaknya? Dan, akankah ada lagi kasus baru seorang warga negara akan diadukan ke penegak hukum karena mimpi jumpa nabinya? Berantakan kah keadaan negara di seberang Pluto itu...?" tulis akun Twitter @ustadtengkuzul, dikutip Minggu (13/12/2020).


Diketahui, Rizieq Shihab ditahan Polda Metro Jaya pada Minggu (13/12/2020) dini hari. Saat keluar dari Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) sekitar pukul 00.25 WIB, Habib Rizieq terlihat mengenakan rompi tahanan berwarna oranye dan dalam kondisi tangan diborgol.

Habib Rizieq langsung digiring aparat ke mobil tahanan untuk dibawa ke Rutan Polda Metro Jaya.

Habib Rizieq baru mendatangi Polda Metro setelah dirinya ditetapkan sebagai tersangka penghasutan dan kerumunan dan akan ditangkap. Sebelumnya, ia dua kali tak memenuhi panggilan polisi dengan alasan kesehatan. Habib Rizieq pun disangkakan dengan Pasal 160-216 KUHP, yang ancaman hukumannya 6 tahun penjara.