Jumat, 20 Mei 2022
19 Syawal 1443

Haikal Minta Semua Pihak Tak Mudah Sembarang Tafsir Soal Ucapan KSAD

Haikal
Ustaz Haikal Hassan

Ustaz Haikal Hassan atau biasa disapa Babe Haikal meminta semua pihak tidak mudah sembarang menafsirkan ucapan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman tentang ‘Tuhan kita bukan orang Arab’.

Pasalnya, yang tahu maksud dari ucapan itu adalah yang bersangkutan. Sehingga orang lain tidak diperkenankan menafsirkan sesuai persepsinya sendiri.

“Bahaya timbul perpecahan. Timbul persepsi karena setiap orang isi kepalanya beda, antum mentafsirkan orang,” ujarnya.

Menurutnya setiap orang tidak berhak menjustifikasi pemikiran orang lain. Karena Persepsi, pemikiran dan pemahaman setiap orang terhadap suatu persoalan tentu berbeda satu sama lain.

“Ini biarkanlah ijtihad beliau. Antum tidak boleh menghukumkan orang dengan pikiran sendiri dari pendapatnya orang itu. Itu tidak profesional dan tidak pada tempatnya,” katanya.

Baca juga
Larang Masuk Penyandang Disabilitas, Pihak GBK Minta Maaf

Sementara itu Ketua Rekat Indonesia Raya, Eka Gumilar menambahkan yang mempersolkan ucapan Dudung sebaiknya diawali dengan tabayun untuk mengetahui maksud dan tujuan apa yang disampaikan.

“Bukankah Pak Dudung menyampaikan beliau ketika berdoa dalam bahasa indonesia, doanya doa kebaikan ingin menolong orang lain, mungkin cara penyampaian Pak Dudung dapat menimbulkan salah tafsir, tapi jangan lupa dilihat tujuannya beliau juga baik. Yang salah itu kalau kita tidak pernah berdoa,” tambahnya.

Tinggalkan Komentar