https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   21 September 2021 - 15:16 wib

Ketika Mahatma Gandhi Minta Hitler Hentikan Perang

Hangout
berita-headline

istimewa

Hari Perdamaian Internasional yang jatuh tepat hari ini, Selasa 21 September 2021 mengingatkan kita kepada seorang tokoh asal India bernama Mahatma Gandhi atau Mohandas Karamchand Gandhi salah satu pemimpin berpengaruh yang dikenal sebagai tokoh kedamaian.

Semasa hidupnya, Gandhi selalu mengajak semua orang untuk meninggalkan kekerasan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan perdamaian. Bahkan ia pernah meminta Adolf Hitler untuk menghentikan perang dengan cara mengirim surat.

Adolf Hitler merupakan seorang pemimpin Nazi Jerman yang dikenal sebagai diktator militer. Walaupun Gandhi 20 tahun lebih tua dari Hitler, namun mereka masih satu zaman ketika keduanya berada di puncak kepemimpinan.

Dear Friend
Saat perang masih berkecamuk, Gandhi yang ada di India menuliskan surat yang ditujukan kepada Hitler dengan sapaan "Dear Friend" di surat tersebut.

"Teman-teman telah mendesakku untuk menulis kepadamu demi kemanusiaan. Namun, saya telah menolak permintaan mereka, karena merasa setiap surat akan terkesan kurang ajar," tulisnya.

"Sesuatu mengatakan kepada saya bahwa saya tidak boleh menghitung dan bahwa saya harus mengajukan banding untuk apa pun nilainya. Sangat jelas bahwa Anda hari ini adalah satu-satunya orang di dunia yang dapat mencegah perang yang dapat menurunkan kemanusiaan menjadi negara buas," sambungnya.

Selanjutnya ia mengajukan pertanyaan, "Haruskah Anda membayar harga untuk suatu benda betapapun layaknya Anda? Akankah Anda mendengarkan permohonan dari orang yang dengan sengaja menghindari metode perang bukan tanpa keberhasilan yang berarti?"

Di akhir surat, ia menuliskan, "Apa pun cara saya mengantisipasi pengampunan Anda, jika saya keliru menulis, saya tetap teman tulus Anda".

Merasa tak ada respon, Gandhi kembali menuliskan surat kepada Hitler dan terus menyampaikan keinginannya menciptakan kedamaian di atas dunia.

Terlebih lagi dengan aksi Hitler memimpin invasi Polandia pada September 1939 yang memicu Perang Dunia II.

Sahabatku yang Terhormat
Jika sebelumnya ia menyapa dengan "Dear Friend", kali ini ia menyapa Hitler dengan "Sahabatku yang Terhormat" dalam kalimat pertamanya. Surat tersebut ditulis pada malam Natal tahun 1940.

"Bahwa aku memanggilmu sebagai teman bukanlah formalitas. Saya tidak punya musuh. Bisnis saya dalam hidup telah selama 33 tahun terakhir untuk mendapatkan persahabatan seluruh umat manusia dengan berteman dengan umat manusia, terlepas dari ras, warna kulit, atau kepercayaan," tulisnya.

"Karena itu, saya mengimbau Anda atas nama kemanusiaan untuk menghentikan perang. Anda tidak akan kehilangan apa-apa dengan merujuk semua masalah sengketa antara Anda dan Inggris Raya ke pengadilan internasional pilihan bersama Anda".

"Jika Anda berhasil dalam perang, itu tidak akan membuktikan bahwa Anda benar. Itu hanya akan membuktikan bahwa kekuatan kehancuranmu lebih besar," sambungnya.

Namun sayangnya tidak ada surat yang dikirim. Menurut Time, pemerintah kolonial saat itu tidak mengizinkan surat Gandhi dikirim. Gandhi pun mengetahui hal itu dan ia menilai apa yang dikerjakan adalah bagian dari tugasnya.

Keberadaan surat-surat yang dituliskannya itu telah memicu film India berjudul 'Dear Friend Hitler' yang dirilis pada 2011. Film ini memulai debutnya di Festival Film Cannes.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan