https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   01 October 2021 - 18:43 wib

Shanke Yadem, Masjid yang Beratapkan Langit

Pada umumnya sebuah tempat ibadah dibangun dengan bagus dan mewah untuk memberikan kenyamanan bagi setiap jemaahnya. Mulai dari lantainya yang memilik keramik atau karpet yang indah, hingga atapnya yang menjulang tinggi untuk menunjukkan kejayaan sebuah tempat ibadah.

Namun berbeda dengan Shanke Yadem, sebuah masjid di daerah Al Fateh pinggir Kota Istanbul, Turki. Tak ada kemewahan yang terlihat di masjid tersebut selain dua menara yang menjulang tinggi, sementara bumi menjadi alasnya dan langit sebagai atapnya.

Inilah yang menjadi keunikan masjid tersebut dan memancing wisatawan datang berkunjung serta beribadah. Karena setiap jemaah yang hendak salat, bisa langsung bersentuhan dengan bumi di alam terbuka.

Berdasarkan cerita, Masjid Shanke Yadem dibangun oleh seorang warga miskin di Turki bernama Khairudin Afandi. Ketika itu ia memiliki keinginan membangun sebuah masjid, namun bagaimana caranya dengan kondisi perekonomian yang sangat miskin?

Akhirnya, dengan tekad yang kuat ia berusaha mengumpulkan uang sedikit demi sedikit dari hasil keringatnya. Bahkan ia lebih memilih untuk menahan lapar dan menabung uangnya tersebut agar semakin banyak.

Setiap ada orang yang bertanya, 'Apakah dia sudah makan?' Khairudin selalu menjawab, 'Anggap saja saya sudah makan'.

Pertanyaan-pertanyaan itu selalu didengar dari orang-orang yang ada di sekitarnya, dan Khairudin pun tetap menjawab, 'Anggap saja saya sudah makan'.

Sekian tahun berjalan, ia pun akhirnya membuka hasil tabungannya yang telah dikumpulkan sekian tahun. Dengan tabungan seadanya, Khairudin membeli sejumlah bahan material yang dibutuhkan untuk membangun masjid yang sekarang dikenal Shanke Yadem.



Nama Shanke Yadem berasal dari bahasa Turki yang berarti 'Anggap saja saya sudah makan'. Kalimat tersebut diambil dari jawaban Khairudin ketika orang-orang menanyakan dirinya 'apakah sudah makan?'

Tidak disangka, seorang Khairudin yang miskin ternyata bisa mewujudkan impiannya membangun masjid, meski dalam kondisi terbatas. Masjid itu berada di wilayah perbukitan yang dipenuhi rerumputan hijau, sehingga tampak indah jika terlihat dari atas.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Erdogan 'Tendang' 10 Dubes Termasuk Amerika Serikat

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah memerintahkan Kementerian Luar Negerinya untuk mengusir
berita-headline

Viral

Masjid-Musala Terima Bantuan Rp6,9 Miliar, Ini Syaratnya

Sejumlah masjid dan musala yang terdampak Covid-19 akan menerima bantuan dari Kementerian Agama (
berita-headline

Viral

Inilah Tokoh Indonesia yang Jadi Nama Jalan di Luar Negeri

Rencana penggunaan nama tokoh sekuler Turki, Mustafa Kemal Ataturk menjadi nama salah satu jalan
berita-headline

Hangout

Cappadocia adalah Keramik, Karpet, dan Balon Udara

Cappadocia merupakan salahsatu kota di Turki dengan keragaman budaya, kerajinan tangan
berita-headline

Hangout

Inilah 7 Masjid Unik untuk Berwisata Religi

Mengenal tujuh masjid unik di Indonesia menjadi salah satu modal untuk merencanakan wisata religi