https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   12 October 2021 - 23:47 wib

Berita Foto: Sebagai Cagar Budaya, Masjid Bersejarah di Jakarta Barat Ini Siap Direvitalisasi

Hangout
berita-headline

(Inilah.com/Didik Setiawan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan proyek revitalisasi Masjid Al Mansur di Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat, pada Jumat pekan lalu (8/10/2021).

Salah satu alasan Pemprov DKI melakukan revitalisasi adalah sejarah masjid tersebut dalam perjuangan merebut kemerdekaan di masa lampau. Selain itu, kondisi Masjid Jami Al Mansur memang membutuhkan pembaruan.

Usai menjalani Salat Jumat di sana, Anies bercerita saat pertama kali dirinya datang ke masjid itu 3,5 tahun lalu. "Waktu itu sambil selesai acara, saya menyaksikan masjid bersejarah ini, masjid ini didirikan (tahun) 1717 dan masjid ini penuh sejarah serta berpengaruh besar, punya catatan perjuangan tersendiri,” ujar Anies, dikutip dari keterangan tertulis resmi di situs ppid.jakarta.go.id.

Menurut Anies, di awal kemerdekaan tak banyak tempat yang mengibarkan bendera Merah Putih. Namun, KH Muhammad Mansur, yang disebut Anies dengan panggilan Guru Mansur, mengibarkan bendera Merah Putih di masjid tersebut.

Anies mengatakan masjid yang terkenal dengan empat pilar itu harus dipastikan tetap berdiri kokoh dan bermanfaat untuk generasi selanjutnya.

"Jangan sampai empat pilar ini keropos dan akhirnya kita menyesal. Maka dari itu disiapkan dengan baik sehingga insya Allah dapat selesai sebelum puasa tahun depan," ujar dia.

Kegiatan revitalisasi itu, menurut Anies, adalah bentuk komitmen Pemprov DKI merawat objek sejarah di Ibu Kota. Sebelumnya, Pemprov DKI juga merevitalisasi Gereja Immanuel.

"Kami ingin tempat ibadah di Jakarta yang punya sejarah dirawat, dikembangkan, dan direvitalisasi sehingga kita dapat menyelamatkan untuk generasi anak cucu kita," ucap Anies.

Pemprov DKI Jakarta, melalui Dinas Kebudayaan DKI Jakarta dengan pertimbangan Tim Sidang Pemugaran, telah menerbitkan Surat Rekomendasi Pemugaran No. 4492/-1.853.15 tanggal 26 Juli 2021 kepada pihak Masjid Jami Al Mansur terkait pekerjaan revitalisasi arsitektural Masjid Jami Al-Mansur

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengatakan revitalisasi ini sebagai perlindungan terhadap kelestarian cagar budaya yang nantinya akan dirancang sebagai wisata religi baru di Jakarta.

"Penerbitan Surat Rekomendasi Pemugaran sendiri merupakan bagian dari upaya pelindungan terhadap Bangunan Cagar Budaya, diduga Cagar Budaya, ataupun bangunan yang berada di kawasan Pemugaran agar setiap proses pemugarannya tetap sesuai dengan kaidah-kaidah pelestarian," kata Iwan Henry Wardhana, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

"Pelaksanaan pemugaran Masjid Jami Al Mansur akan dirancang sebagai wisata religi baru DKI Jakarta, bersaman dengan Masjid Al Alam Marunda, Masjid Jami Luar Batang, dan Gereja (GPIB) Immanuel Jakarta," lanjut dia.

Pengendara motor melintas di depan Masjid Jami Al Mansur di Jembatan Lima, Tambora, jakarta Barat, Selasa (12/10/2021).