Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Hanya Ganjar yang Berambut Putih, Jokowi Beri Dukungan karena Mudah Dikendalikan

Minggu, 27 Nov 2022 - 18:18 WIB
Presiden Jokowi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.
Presiden Jokowi saat bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo beberapa waktu lalu. Jokowi pada Sabtu (27/11/2022) menyebut salah satu ciri pemimpin ideal adalah yang berambut putih. (Foto: Twitter @ganjarpranowo)

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin mengatakan, ucapan Presiden Joko Widodo pada acara Nusantara Bersatu mengarah pada dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sebab, saat ini sosok yang berambut putih dan muncul sebagai bakal calon presiden hanyalah Ganjar.

“Saat ini satu-satunya figur yang diprediksi akan nyapres dan berambut putih hanya Ganjar,” katanya kepada Inilah.com, Minggu (27/11/2022).

Meski Jokowi sempat meng-endorse sejumlah tokoh lain seperti Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ujang menilai dukungan Jokowi hanya ditujukkan kepada Ganjar.

“Politik belakang layar Jokowi tuh mengarahnya ke Ganjar,” ujar Ujang.

Baca juga
Serahkan Bansos, Jokowi Terbang ke Jawa Timur

Dia menyebut anggapan bahwa Jokowi mendukung Ganjar bukan sekadar isapan jempol. Pasalnya, Ujang menilai banyak gerakan di belakang layar yang mendorong Jokowi untuk mendukung Ganjar sebagai calon presiden.

“Ganjar dianggap mudah dipegang, mudah dikendalikan dan mungkin membawa kenyamanan bagi Jokowi dan oligarkinya ketika sudah tidak menjabat presiden lagi nanti,” tutur Ujang.

Pada gelaran Musra Relawan Jokowi kemarin, Jokowi secara spesifik membeberkan ciri-ciri pemimpin tepat bagi rakyat, yaitu banyak kerutan dan berambut putih.

Ciri-ciri itu banyak dipersepsikan dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, yang berdasarkan gelaran musyawarah rakyat (Musra) di sejumlah daerah, menjadi salah satu kandidat kuat capres pada Pilpres 2024.

“Jadi, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilan. Dari kerutan di wajah. Kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati,” ujar Jokowi dalam Silaturahmi Nasional Musyawarah Rakyat (Musra) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11/2022).

Baca juga
Istana Tepis Dokumen Presiden Jokowi Bocor

Sebelumnya, dalam kesempatan berbeda, Jokowi menyiratkan memberi restu kepada Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto, dua menteri kabinet untuk maju sebagai capres.

Namun, keduanya diketahui tidak berambut putih, Prabowo yang memiliki rekam jejak sebagai kombatan bahkan tidak memiliki banyak kerutan di wajahnya.

Dalam acara HUT Golkar lalu, Jokowi memuji Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai pemimpin yang memiliki jam terbang.

Meski begitu, Jokowi mengingatkan untuk hati-hati menentukan pilihan mengusung capres. Dalam gelaran silaturahmi dengan simpul-simpul relawan, Jokowi juga mengingatkan untuk tidak grusa grusu dalam mengusung capres.

Terakhir, pada gelaran Silaturahmi Nasional di GBK, Jokowi tampil beda dengan mengingatkan relawan untuk mendukung pemimpin dengan ciri fisik kerutan di wajah dan beruban yang diartikannya sebagai sosok peduli dengan rakyat.

Tinggalkan Komentar