Senin, 08 Agustus 2022
10 Muharram 1444

Harga Cabai Rawit di Yogyakarta Tembus Rp75.000 per Kg

Senin, 13 Des 2021 - 17:45 WIB
Penulis : Ajat M Fajar

Harga cabai rawit di Kota Yogyakarta terhitung sejak masuk musim hujan pada pertengahan November hingga pertengahan Desember terus merangkak naik dan kini mencapai Rp75.000 per kilogram.

“Sejak terjadi hujan deras pertama kali di Yogyakarta, sekitar pertengahan November hingga sekarang, harga cabai terus naik. Awalnya hanya naik sedikit tetapi lama-lama sudah mencapai Rp75.00 per kilogram (kg),” kata Ketua Paguyuban Ayem Tentrem Pasar Beringharjo Timur Ida Chabibah di Yogyakarta, Senin (13/12/2021).

Menurut dia, jika dibandingkan dengan harga termurah cabai rawit, maka harga saat ini sudah mengalami kenaikan hingga tiga kali lipat.

“Saat sedang murah, harga cabai rawit sekitar Rp25.000 per kilogram. Namun kemudian naik perlahan menjadi Rp40.000 per kg naik lagi jadi Rp50.000 per kg dan langsung naik jadi Rp75.000 per kg,” katanya.

Baca juga
Pentingnya Melakukan Pengecekan Kondisi Rem pada Musim Hujan

Meskipun mengalami kenaikan, namun ia memastikan pasokan untuk komoditas tersebut tetap lancar bahkan komoditas yang datang selalu dalam kondisi baik.

“Biasanya musim hujan akan mempengaruhi kualitas cabai menjadi cepat busuk. Tetapi saat ini komoditas datang dalam kondisi baik dan segar,” katanya.

Permintaan konsumen terhadap komoditas tersebut juga tidak mengalami penurunan, bahkan cenderung naik. “Mungkin cabai sudah menjadi bahan pokok karena masakan biasanya harus pedas. Jadi meskipun harga naik tetap dibeli,” katanya.

Selain cabai, Ida mengatakan, hampir sebagian besar sayur mayur juga mengalami kenaikan harga akibat musim hujan, seperti brokoli, wortel, ketimun, bunga kol, kacang panjang, dan buncis.

Baca juga
Jaga Stabilitas Stok Cabai, Kementan Percepat Tanam dan Lakukan Gerdal OPT Serentak

“Hampir 75 persen sayuran menjadi lebih mahal, kecuali untuk kol tidak naik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono mengatakan harga cabai dan sayuran biasanya dipengaruhi oleh musim.

“Saya kira, kenaikan harga sayuran dan cabai tetap terkendali karena saat ini musim hujan. Stok pun aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” katanya.

Berdasarkan pemantauan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, rata-rata harga cabai rawit di pasar tradisional adalah Rp60.000 per kg, harga tertinggi tercatat di Pasar Prawirotaman mencapai Rp75.000 per kg.

Tinggalkan Komentar