Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

Harga Telur dan Hasil Bumi Merangkak Naik Jelang Natal

Senin, 05 Des 2022 - 07:51 WIB
Penulis : Ahmad Munjin
Telur, Telor, Telur Ayam, Didik Setiawan, Harga Telur Ayam Naik, Jakarta, Telur Ayam, Pangan, Ternak, Kebayoran, Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Jaksel, Harga Naik
Aktivitas jual-bei telur ayam di TokoTelur, Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (27/12/2021). (Foto: Inilah.com/Didik Setiawan)

Menjelang Natal dan Tahun Baru 2023, harga telur ayam ras dan hasil bumi mulai mengalami kenaikan.

“Harga telur ayam ras mulai naik sejak awal Desember 2022 dari Rp25 ribu per kg menjadi Rp27 ribu per kg,” kata salah seorang penjual telur, H Thahir di Pasar Terong, Makassar, Minggu (4/12/2022).

Dia mengatakan, kenaikan harga telur ayam ras itu, karena pasokan dari daerah sentra produksi sempat terganggu pada saat terjadi hujan yang menyebabkan banjir di sejumlah ruas jalan kabupaten.

Akibatnya, harga telur mengalami kenaikan karena pasokan terbatas dari pihak distributor. Kondisi serupa juga pada sejumlah komoditi yang merupakan hasil bumi seperti bawang merah, bawang putih, merica dan sebagainya.

Baca juga
Telur Ayam, Cabai Hingga Daging Sapi Terlalu Mahal, INDEF: Jaga Permintaan

Hal itu diakui pedagang hasil bumi di Pasar Pannampu, Makassar Abdul Haris.

Menurut dia, bawang merah yang semula dijual Rp25 ribu per kg, kini dijual Rp30 ribu per kg. Begitu pula dengan bawang merah yang semula masih bisa ditebus seharga Rp25 ribu kg kini naik menjadi Rp29 ribu per kg.

Mengenai kenaikan sejumlah kebutuhan rumah tangga jelang Natal dan tahun baru tersebut,

Kadis Perdagangan Kota Makassar, Arlin Ariesta mengatakan, petugas lapangan yang ditugaskan ke sejumlah pasar tradisional memang mencacat ada kenaikan harga sejumlah komoditas.

“Apabila ada kenaikan harga yang sudah melampaui batas normal, maka bersama Tim pengendali Inflasi Daerah (TPID) setempat,” katanya.

Tinggalkan Komentar