Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Harga Turun di Luar Kebiasaan, BEI ‘Pelototin’ Saham GOTO

Selasa, 17 Mei 2022 - 14:10 WIB
Harga Turun Terus, BEI Awasi Saham GOTO
Ilustrasi saham GOTO

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memasukkan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sebagai saham yang bergerak tidak wajar atau unusual market activity (UMA).

Pengumumam ini BEI sampaikan pada pekan kemarin setelah melihat perkembangan harga saham GOTO yang terus anjlok. BEI menilai anjloknya saham GOTO masuk dalam kategori tidak wajar.

“Dengan ini kami menginformasikan bahwa telah terjadi penurunan harga saham GOTO yang di luar kebiasaan,” bunyi pengumuman BEI dikutip melalui idx.co.id, Selasa (17/5/2022).

BEI mengatakan, pengumuman UMA ini tidak berarti adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Namun, BEI tetap meminta kepada semua investor untuk berhati-hati dan tetap mencermati perkembangan serta pola transaksi saham GOTO.

Baca juga
Perang Rusia-Ukraina Jadi Risiko Utama IHSG dan Bursa Saham Asia

Selain itu, BEI mengimbau para investor memperhatikan jawaban dari perusahaan atas permintaan konfirmsi dari pihak pengawas bursa terkait UMA ini.

Saham GOTO sendiri hari ini bergerak di zona hijau. Hingga jeda sesi pertama, tercatat saham GOTO naik 4,12 persen ke level Rp202 per unit saham.

Dalam delapan hari perdagangan sebelumnya, saham GOTO anjlok berturut-turut. Bahkan dalam tujuh hari perdagangan saham, secara berturut-turut saham GOTO turun hingga menyentuh batas paling bawah dalam sehari sekitar 6 persen lebih setiap harinya.

Artinya, saham GOTO selama tujuh hari beruntun mengalami auto reject bawah (ARB). [jin]

Tinggalkan Komentar