Minggu, 29 Mei 2022
28 Syawal 1443

Hari Buruh, Airlangga: Kalau Ada yang Belum Terima THR Silakan Melapor

Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengimbau jika ada buruh yang belum menerima Tunjangan Hari Raya (THR) agar segera melapor.

“Kalau ada buruh yang belum terima THR, silakan melapor ke Posko THR yang dibuat Kementerian Ketenagakerjaan. Pemerintah akan menindaklanjuti aduan ini,” katanya, Minggu (1/5/2022).

Imbauan itu berkaitan dengan peringatan Hari Buruh yang jatuh setiap tanggal 1 Mei. Tak hanya itu, dirinya juga mengatakan buruh adalah bagian penting dalam perekonomian.

Terkait THR, Menko Airlangga menjelaskan, pemerintah memberi keleluasaan kepada buruh untuk berusaha dan menjaga ketahanan hidup mereka di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya memastikan pencairan THR tahun ini.

Baca juga
Airlangga Sebut Nilai Transaksi Ekonomi Digital Indonesia Bisa Tembus USD 146 Miliar pada 2025

Karena itu Ketua Umum DPP Partai Golkar ini berharap, para buruh sudah bisa menikmati THR di Hari Raya Idul Fitri.

Selain mengucapkan selamat Hari Buruh (May Day), Airlangga juga menjabarkan jumlah angkatan kerja di Indonesia menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2021 sebanyak 139,82 juta orang. Jumlah ini meningkat sebanyak 1,59 juta dibandingkan pada Agustus 2020.

“Mengucapkan selamat Hari Buruh untuk seluruh pekerja di Indonesia. Pemerintah berkomitmen meningkatkan taraf hidup para buruh, dengan berbagai kebijakan yang sudah dan akan dikeluarkan. Semoga THR tahun ini tidak ada masalah, agar buruh bisa bergembira di Hari Raya esok,” harapnya.

Baca juga
Dorong Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan di Jabar, Menko Airlangga Pimpin Rakor Pemerintah Pusat dan Daerah

Airlangga mengaku, kondisi ketenagakerjaan nasional sudah mulai pulih dengan turunnya angka pengangguran dari 7,07 persen (Agustus 2020) menjadi 6,49 persen (Agustus 2021).

Selain itu, data menunjukkan penurunan pengangguran tersebut ditunjang dengan meningkatnya lapangan kerja selama 2021 yang mencapai 2,59 juta lapangan kerja baru.

Pada May Day tahun ini, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional meminta maaf, jika kondisi Indonesia belum sepenuhnya terbebas dari pandemi Covid-19. Airlangga mengaku, meskipun tren kasus Covid-19 di Indonesia konsisten menurun, tetapi penularan belum sepenuhnya hilang.

“Saya harap buruh ikut membantu pemerintah mengendalikan Covid-19 dengan disiplin prokes,” ucapnya.

Baca juga
Tak Sesuai Standar HAM, Hari Buruh Jadi Momentum Perlindungan Pekerja Kapal Perikanan

Ia juga meminta masyarakat yang mudik untuk tetap menjaga diri dan keluarga. Airlangga menitipkan salam untuk seluruh keluarga di kampung halaman.

“Selamat mudik, tetap berhati-hati, jaga diri dan keluarga dengan disiplin prokes. Selamat bergembira dan merayakan Lebaran bersama keluarga,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar