Sabtu, 21 Mei 2022
20 Syawal 1443

Hari Ini 27 Januari, 14 Tahun Wafatnya Presiden RI ke-2 Soeharto

Sby Soeharto - inilah.com
Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membesuk Presiden RI ke-2 Soeharto di RSPP, Jakarta Selatan - istimewa

Hari ini 27 Januari, tepat 14 tahun yang lalu, Presiden kedua RI Soeharto meninggal dunia.

Putri sulung Soeharto, Siti Hardijanti Rukmana atau Tutut Soeharto, melalui akun twitter mengenang 14 tahun kepergian sang ayah. Dalam cuitannya, Tutut meminta doa untuk Soeharto.

“Assalaamualaikum Wr. Wb. Sahabat, tanggal 27 Januari 2022 ini tepat 14 tahun, Bapak, Presiden Soeharto, wafat. Mohon doanya semoga diampuni kesalahan, diterima amal baiknya, diberi tempat terbaik di sisi-Nya,” tulis Tutut melalui akun Twitter @TututSoeharto49, Kamis (27/1/2022).

Dalam postingannya, Tutut menyertakan video Soeharto berbincang dengan anak-anak di Pekan Tabungan tahun 1995. Dalam video tersebut, Soeharto berbicara tentang agama dan pembentukan watak kepada anak-anak.

Baca juga
Kempit Laba Bersih Rp3,03 Triliun, Ini Target Harga Fundamental Saham BRIS

“Agama itu bisa memperkuat pembentukan watak, karena agama menganjurkan perbuatan yang baik, yang penting menjadi manusia yang bagus, berfaedah, berguna bagi nusa dan bangsa,” kata Soeharto dalam cuplikan video tersebut.

Sebagai informasi, Soeharto menghembuskan nafas terakhir dalam usia 86 tahun di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan.

Bapak Pembangunan itu sebelumnya menjalani perawatan karena mengalami penimbunan cairan tubuh yang mengakibatkan pembengkakan dan menurunnya kadar darah merah (hemoglobin).

Jenderal Besar kelahiran Desa Kemusuk, Argomulyo, 8 Juni 1921 itu dimakamkan di kompleks pemakaman Astana Giribangun yang terletak di lereng Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Baca juga
Lima Hari Gempur Ukraina, Rusia Sepakat Berunding di Perbatasan Belarusia

Penguasa Orde Baru itu berkuasa selama 32 tahun. Ia dilantik sebagai Presiden pada 27 Maret 1968 dan berhenti menjadi Presiden pada Mei 1998.

Soeharto menikah dengan Suhartini atau yang akrab disapa Bu Tien. Dari pernikahan keduanya, mereka dikaruniai enam orang anak. Mereka yaitu, Sigit Harjojudanto, Siti Hardijanti Rukmana (Tutut), Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Hariyadi (Titik), Hutomo Mandala Putra (Tommy), dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek).

Tinggalkan Komentar