Rabu, 28 September 2022
02 Rabi'ul Awwal 1444

Hari Ini, DPR Sahkan RUU TPKS Menjadi UU

Selasa, 12 Apr 2022 - 11:02 WIB
Penulis : Aria Triyudha
Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani

DPR RI menggelar rapat paripurna guna mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) menjadi UU, Selasa hari ini (12/4/2022). Ketua DPR RI Puan Maharani bakal memimpin rapat paripurna ini.

“Rapat paripurna hari ini merupakan momen bersejarah yang telah masyarakat tunggu. Hari ini RUU TPKS akan disetujui DPR untuk disahkan menjadi UU dan jadi bukti perjuangan bagi korban-korban kekerasan seksual,” kata Puan dalam keterangannya di Jakarta.

Dia menjelaskan, RUU TPKS sudah diperjuangkan sejak tahun 2016 dan pembahasannya mengalami dinamika, termasuk berbagai penolakan.

Namun, menurut Puan, kerja keras seluruh elemen bangsa membuktikan niat baik akan mendapat hasil yang baik.

Baca juga
Anggota DPR Inisial DK dari Demokrat, Serahkan Kasus Pelecehan ke Polisi

Puan mengungkapkan, selain RUU TPKS, rapat paripurna DPR juga membahas RUU pemekaran 3 provinsi di Papua. Rapat bakal mengesahkan RUU ini menjadi RUU Inisiatif DPR.

“Kemudian, dewan pun akan mengambil keputusan soal perpanjangan waktu pembahasan sejumlah RUU, (termasuk) RUU tentang Pelindungan Data Pribadi (PDP). Karena masih perlu waktu dalam pengkajian, pembahasan RUU PDP akan diperpanjang,” ujarnya.

Meski begitu, menurut Puan, DPR dan pemerintah terus berkomitmen untuk segera menuntaskan RUU PDP.

 

Tinggalkan Komentar