Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Hari Pertama Menjabat, Hadi Tjahjanto Sambangi Kapolri

Kamis, 16 Jun 2022 - 21:44 WIB
Img 20220616 Wa0019 5 - inilah.com
Menteri ATR/BPN, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, saat bertemu dengan Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Listyo S Prabowo, di Markas Besar Kepolisian Indonesia, Jakarta, Kamis (16/6/2022). Foto: Antara

Anggota kabinet yang telah dilantik Presiden Jokowi, Rabu (15/6/2022), mulai bekerja. Apabila Mendag Zulkifli Hasan blusukan ke Pasar Jaya Cibubur, Jaktim, Menteri ATR/BPN berkoordinasi dengan menyambangi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di kantornya.

Menurut Hadi, kunjungannya ke Mabes Polri untuk meningkatkan koordinasi Korps Bhayangkara dengan Kementerian ATR/BPN. Kapolri Sigit disebut siap meningkatkan kerja sama dengan Kementerian ATR/BPN.

“Kapolri pun menyambut baik dan akan mendukung Kementerian ATR/BPN,” kata dia, di Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Dia melanjutkan, pertemuan tersebut merupakan silaturahmi untuk meningkatkan sinergitas dan kerja sama di antara kedua lembaga itu. Keduanya juga sering berkoordinasi ketika Tjahjanto menjabat Panglima TNI.

Baca juga
Polri Potret Situasi Bangsa lewat Wayang Kulit

Turut hadir dalam kegiatan tersebut kepala Bareskrim Kepolisian Indonesia, asisten SDM Kapolri, asisten perencanaan dan anggaran Kapolri dan asisten logistik Kapolri.

Presiden Jokowi menunjuk Hadi menjabat Menteri ATR/BPN menggantikan Sofyan Djalil karena memiliki latar belakangan militer. Presiden membutuhkan sosok yang menguasai teritori untuk mengatasi persoalan lahan.

“Urusan sertifikat, harus sebanyak banyaknya diselesaikan, dan saya menyakini Pak Hadi memiliki kemampuan untuk itu,” ujar Jokowi, selepas melantik Hadi, di Istana Negara.

Jokowi juga mengingatkan Hadi untuk menuntaskan persoalan penyediaan lahan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pengalaman Hadi di militer dianggap mampu mempercepat akselerasi penuntasan masalah lahan.

Baca juga
RS Polri Bentuk Tim Ahli untuk Pengobatan Sinta Aulia

“Termasuk di dalamnya, urusan lahan tanah yang berkaitan dengan IKN,” kata presiden.

Hadi dikukuhkan menjabat Menteri ATR/BPN melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 64P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 yang ditetapkan pada tanggal 15 Juni 2022. Selain Hadi, Presiden Jokowi juga melantik Ketum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.

Tinggalkan Komentar