Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

Haru, Brigadir J Resmi Sarjana Usai Wisuda Diwakili Sang Ayah

Selasa, 23 Agu 2022 - 13:06 WIB
0722 105911 97e8 Inilah.com  - inilah.com
Brigadir J (kanan) semasa hidup saat berpose dengan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. (Foto: ist).

Almarhum Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat resmi menyandang status sarjana hukum usai sang ayah hadir dalam wisuda di Universitas Terbuka (UT), Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (23/8/2022).

Diketahui, Ayah Brigadir J, Samuel Hutabarat maju ke podium dan menerima secara langung ijazah Sarjana Ilmu Hukum dari Rektor UT Ojat Darojat. Suasana haru pun seketika mencuat dan mewarnai ruangan tempat wisuda digelar. Raut kesedihan terpancar dari wajah Samuel Hutabarat. Ia tampak menangis. Air mata tampak mengalir di pipinya. Rektor dan sejumlah petinggi UT yang ada di podium juga terlihat tak kuasa menahan air mata.

Baca juga
PN Jaksel Rilis Jadwal Sidang Ferdy Sambo dkk pada Pekan Kedua

Brigadir J semasa hidupnya merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), UPBJJ-UT Jambi yang terdaftar sejak tahun 2015.

Brigadir J telah mendaftar untuk mengikuti wisuda yang diselenggarakan hari ini. Namun, takdir berkata lain lantaran ia tewas setelah ditembak di rumah dinas atasannya yaitu Irjen Pol Ferdy Sambo, Jumat lalu (8/7/2022).

Meski Brigadir J telah wafat, Pihak UT mengundang keluarga almarhum. Tujuannya untuk mewakili menerima ijazah karena almarhum Bigadir Yosua telah terdaftar menjadi wisudawan.

Ketua Komunitas Civil Society Indonesia Irma Hutabarat turut menghadiri acara penyerahan ijazah Sarja Ilmu Hukum Brigadir J.

Baca juga
Kuasa Hukum Bharada E Siapkan Ahli Pidana dan Psikologi Jelang Persidangan

Menurut Irma, Brigadir J lulus dengan nilai yang baik setelah kuliah selama tujuh tahun sejak 2015 lalu.

“Ini Yoshua itu bisa berhasil dengan 3,28 IPK (Indeks Prestasi Kumulatif), dianjurkan untuk ambil S2,” kata Irma.

Irma menjelaskan, ayah Brigadir J, Samuel Hutabarat memang mewakili anaknya untuk menerima ijazah Sarjana Ilmu Hukum dari pihak UT. Sebab, ibunya masih terguncang.

“Terlalu sedih atau mungkin terlalu sakit hatinya mungkin melihat cita anaknya tercapai tapi anaknya sudah meninggal dunia,” terang Irma.

Irma menyambut baik perlakuan UT pada keluarga mendiang Brigadir J. Pasalnya, tidak hanya memberikan penghargaan. Pihak UT jjuga memberikan akomodasi bagi keluarga untuk ke Jakarta.

Baca juga
Sudah Disuruh Membunuh, Ricky Masih Tega Curi Uang Brigadir J

 

Tinggalkan Komentar