Minggu, 29 Mei 2022
28 Syawal 1443

Haruskah Menahan Bersin?

Menahan bersin
unsplash

Saat pandemi seperti saat ini, bersin di tempat umum menjadi sebuah perhatian khusus karena akan menyebarkan virus melalui droplet yang keluar. Namun, haruskah menahannya?

Bersin menjadi cara tubuh membersihkan iritasi akibat kuman, serbuk sari atau debu dari hidung dan tenggorokan dengan mengeluarkan puluhan ribu droplet dari hidung Anda hingga 100 mil per jam, menurut American Lung Association. Ternyata, ada beberapa kerugian dari menahan bersin yang bisa berakibat serius.

Menutup saluran udara Anda saat bersin dapat memberi tekanan hingga 20 kali lebih banyak pada saluran udara Anda dibandingkan dengan hanya mengeluarkan bersin, menurut sebuah ulasan di American Journal of Rhinology & Allergy pada Mei 2019.

Baca juga
Ada Kegiatan Lain, Ayah Rozak Batal Diperiksa Hari Ini

Menahan kekuatan bersin juga dapat menyebabkan perasaan penuh yang tidak nyaman di dada Anda. Ini tidak berbahaya, tetapi mungkin membuat Anda tidak nyaman.

“Anda memberi tekanan pada diafragma Anda, otot di dada yang membantu bernapas. Anda mungkin juga mengalami tekanan di dada, di tulang rusuk,” kata ahli THT di Oradell, New Jersey, Jason Abramowitz, MD, seperti dikutip dari Livestrong, Jumat, (11/03/2022).

Masalah lain adalah akan muncul pada gendang telinga Anda. Efek nyata ini kemungkian menjadi dampak dari menahan bersin.

“Hidung dan telinga kita dihubungkan oleh saluran eustachius. Jika Anda menahan bersin, akan ada peningkatan tekanan di hidung, yang akan mengalir ke telinga melalui saluran eustachius, bisa menyebabkan trauma di gendang telinga,” ujar Abramowitz.

Baca juga
Situasi Masalah Kesehatan Gigi dan Mulut di Indonesia saat Pandemi

Anda bersin karena pilek?

Ada kemungkinan lendir yang berisi virus atau bakteri dapat berpindah dari hidung Anda, melalui saluran eustachius, dan ke telinga Anda, menurut Cleveland Clinic.

Bersin memberikan banyak tekanan dan mencoba menahannya dapat menyebabkan kapiler di mata, hidung, atau gendang telinga pecah. Anda mungkin melihat bintik merah di bola mata atau bahkan mimisan.

Cara yang tepat agar tidak menyebarkan virus

Jadi, lebih baik membiarkan bersin Anda keluar daripada menahannya.

Kemudian agar Anda tidak berubah menjadi peristiwa penyebar penyakit, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan untuk menutup mulut dan hidung Anda dengan tisu.

Baca juga
Bursa Asia Cerna Data Manufaktur China, IHSG Berakhir Ceria

Setelah itu, buang tisu dan cuci tangan hingga bersih dengan sabun dan air mengalir atau gunakan hand sanitizer.

Jika tisu tidak tersedia, gunakan siku Anda dan menjauh dari orang lain saat Anda melakukannya, jika memungkinkan.

Lalu, jika Anda benar-benar harus menahan, cobalah untuk tidak memegang lubang hidung Anda terlalu erat karena akan menyebabkan tekanan yang lebih tinggi di hidung dan meningkatkan ketidaknyamanan. Setelahnya, cuci tangan Anda.

Tinggalkan Komentar