Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Hasil Drawing Piala Asia Wanita 2022, Indonesia Jumpa Australia

Kamis, 28 Okt 2021 - 20:57 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Hasil Drawing Piala Asia Wanita 2022, Indonesia Jumpa Australia - inilah.com
(ist)

Penantian 33 tahun absen, tim nasional sepak bola putri Indonesia akan menjalani laga yang berat pada babak utama Piala Asia Putri di India pada 2022.Hal tersebut bisa dilihat dari pengundian atau drawing kejuaraan Piala Asia Wanita 2022 digelar Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

”Garuda Pertiwi” tergabung ke Grup B, bersama Thailand, Australia, dan Filipina. Secara prestasi dan peringkat FIFA, kualitas ketiga tim itu berada di atas Zahra Muzdalifah dan kawan-kawan.

Kepastian Indonesia berada di Grup B itu hadir dalam agenda pengundian fase grup yang berlangsung di markas Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (28/10/2021). Piala Asia Putri 2022 akan berlangsung di India pada 20 Januari hingga 6 Februari 2022. Indonesia akan menjamu Australia pada laga perdana fase penyisihan grup, 21 Januari mendatang.

Baca juga
Winner! PUBG Indonesia Bawa Pulang Medali Emas SEA Games

Terdapat tiga grup di Piala Asia Putri 2022. Masing-masing grup terdiri dari empat tim. Dua peringkat teratas di setiap grup akan melaju ke babak perempat final. Namun, masih ada jatah dua tiket lainnya ke babak gugur bagi dua tim peringkat ketiga terbaik di fase penyisihan grup.

Pelatih Indonesia Rudy Eka Priyambada berkata, tergabung bersama tiga lawan kuat di Grup D telah sesuai ekspektasinya. Ia pun menargetkan skuadnya untuk memulai persiapan dalam waktu dekat demi bisa meraih prestasi baik di Piala Asia. Indonesia terakhir kali tampil di babak utama Piala Asia 1989. Kala itu, ”Garuda Pertiwi” tidak lolos dari fase penyisihan grup.

Hasil undian fase grup Piala Asia Putri India 2022. Turnamen itu akan berlangsung di India pada 20 Januari hingga 6 Februari tahun depan. Indonesia tergabung di Grup B.

Baca juga
Sukses Lumat Timor Leste, Indonesia Lewati Singapura di Rangking FIFA

”Bergabung di Grup B, kami harus bekerja lebih keras lagi sebagai satu tim. Sebab, kami berambisi menampilkan performa terbaik di putaran final Piala Asia nanti,” kata Rudy dilansir laman PSSI.

Apabila melihat kekuatan terkini dari tiga lawan di Grup B, peluang Indonesia untuk lolos ke babak perempat final hanyalah bersaing dengan Filipina untuk merebut posisi ketiga di grup itu. Meskipun begitu, Filipina memiliki sejumlah catatan yang lebih baik dibandingkan tim Indonesia pada lima tahun terakhir.

Filipina tampil pada Piala Asia 2018 di Yordania. Dalam ajang itu, Filipina berada di peringkat ketiga di Grup A berkat sekali kemenangan atas tim tuan rumah. Di level Asia Tenggara, Filipina menembus babak semifinal pada Piala AFF Thailand 2019 serta SEA Games Filipina 2019.

Baca juga
Google: Ada 21 Juta Pengguna Baru Internet di Indonesia Selama 2021

Indonesia dan Filipina telah berjumpa delapan kali dengan catatan kemenangan yang berimbang. Kedua tim, masing-masing, mengemas tiga kemenangan dan dua kali imbang. Hanya, kemenangan Indonesia atas Filipina terjadi pada masa yang telah lama berlalu, yaitu dekade 1970-an hingga 1980-an.

Tinggalkan Komentar