Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Hasil Liga Champions: Chelsea Petik Kemenangan Perdana Usai Sikat AC Milan 3-0

Kamis, 06 Okt 2022 - 07:57 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Hasil Liga Champions
Foto: Statsform

Chelsea meraih kemenangan perdana di Liga Champions usai menggulung AC Milan 3-0 pada matchday 3 Grup E, di Stamford Bridge, London pada Kamis (6/10/2022) dini hari WIB.

Tiga gol The Blues masing-masing dicetak oleh Wesley Fofana, Pierre Emerick-Aubameyang dan Reece James.

Kemenangan ini membuat Chelsea naik ke posisi dua grup dengan empat poin, unggul catatan head to head dari AC Milan di posisi ketiga yang mengoleki poin sama. RB Salzburg masih memimpin dengan lima poin, sedangkan Dinamo Zagreb di dasar klasemen dengan tiga poin, demikian laporan laman resmi UEFA.

Jalannya pertandingan

Chelsea langsung mengancam pada menit ke-6, usai memotong umpan dari kiper Ciprian Tatarusanu. Mason Mount menyambar bola di kesempatan pertama dan membuat Tatarusanu mesti menjatuhkan diri untuk menghalau bola.

Tuan rumah langsung memainkan tempo tinggi dan mendominasi penguasaan bola. Milan mencoba menurunkan tempo, tetapi kesulitan menahan permainan.

Chelsea menciptakan peluang pada menit ke-22, umpan lambung Mount ditanduk oleh Thiago Silva. Bola meluncur ke gawang dan ditepis Tatarusanu ke atas gawang.

Baca juga
Hajar Juventus 4-0, Chelsea Masuk 16 Besar Liga Champions

Tuan rumah memimpin 1-0 pada menit ke-24. Tatarusanu menghalau dengan baik sundulan Silva dari sepak pojok, tetapi tidak bisa mencegah gol tercipta dari kemelut yang terjadi. Milan gagal mengamankan bola dan bola disambar Wesley Fofana dengan sepakan mendatar ke pojok kanan gawang.

Chelsea mencetak gol lain pada menit ke-33 dari tembakan lob Mount. Wasit menganulir gol ini karena Mount lebih dulu offside saat membangun serangan.

Pada menit ke-38, Chelsea harus kehilangan Fofana karena cedera. Trevoh Chalobah dimasukkan masuk sebagai pengganti.

Nyaris tuan rumah menambah gol pada masa injury time babak pertama. Sterling lolos dan menerima umpan terobosan dari Mount, tetapi dia menahan bola terlalu lama sehingga bisa dipotong oleh pertahanan Milan.

Milan sendiri kesulitan untuk membangun permainan mereka.

Peluang berharga justru dibuang Milan sesaat sebelum turun minum. Leao merangsek dari kiri dan mengoper ke Charles De Ketelaere.

Sepakan De Ketelaere ditepis Kepa Arrizabalaga dan bola liar mengarah ke Rade Krunic. Menghadapi gawang kosong, sepakan Krunic membentur Ben Chilwell. Skor pun tetap 1-0 hingga babak pertama berakhir.

Baca juga
AC Milan vs Chelsea: Main di San Siro, Dendam Siap Dibayar Tuntas

Babak II

Selepas jeda, Chelsea kembali mengambil inisiatif di babak kedua. Mereka berhasil menambah keunggulan pada menit ke-56.

Umpan silang Reece James dari kanan gagal dipotong Fikayo Tomori dan Pierre-Emerick Aubameyang menyelesaikannya dengan sepakan ke pojok kanan gawang. Skor menjadi 2-0.

Serangan cepat lainnya dari Chelsea pada menit ke-61 gagal dituntaskan jadi gol. Umpan James kali ini mengarah ke Sterling, tetapi sepakan voli eks pemain Manchester City itu cuma melambung saja.

Permainan pressing tinggi Chelsea membuahkan gol pada menit ke-61. Sterling menerima bola dengan bebas di kanan, lalu menyodorkannya ke James yang melakukan overlap. James kali ini memilih menyelesaikannya dengan tendangan kuat ke pojok kanan atas gawang. AC Milan tertinggal tiga gol.

Chelsea memasukkan sejumlah pemain baru di sisa waktu dan tidak membiarkan Milan mendapatkan peluang untuk mencetak gol.

Baca juga
Tagar #AllegriOut Menggema, Zidane Calon Pas Latih Juventus

Sampai pertandingan usai, keunggulan 3-0 Chelsea atas AC Milan tetap bertahan.

Susunan Pemain:
Chelsea (3-4-2-1): Kepa Arrizabalaga; Wesley Fofana (Trevoh Chalobah 38′), Thiago Silva, Kalidou Koulibaly; Reece James, Ruben Loftus-Cheek, Mateo Kovacic (Jorginho 65′), Ben Chilwell; Mason Mount (Kai Havertz 74′), Pierre-Emerick Aubameyang (Conor Gallagher 65′), Raheem Sterling (Armando Broja 75′)

AC Milan (4-2-3-1): Ciprian Tatarusanu; Sergino Dest, Pierre Kalulu, Fikayo Tomori, Fode Ballo-Toure; Ismael Bennacer (Tommaso Pobega 72′), Sandro Tonali; Rade Krunic (Matteo Gabbia 65′), Charles de Ketelaere (Ante Rebic 65′), Rafael Leao (Brahim Diaz 72′); Olivier Giroud (Divock Origi 73′)
Oleh : Hendri Sukma Indrawan

Tinggalkan Komentar