Minggu, 27 November 2022
03 Jumadil Awwal 1444

Hasil MotoGP Jepang: Jack Miller Tak Terbendung di Motegi

Minggu, 25 Sep 2022 - 19:50 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Hasil MotoGP Jepang: Jack Miller Tak Terbendung di Motegi
Jack Miller Tak Terbendung di Motegi (@jackmilleraus)

Pebalap Ducati Jack Miller tampil dominan untuk memenangi MotoGP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (25/9/2022).

Sementara rekan setimnya, Francesco Bagnaia harus terjatuh di lap terakhir dan memperlebar jarak di klasemen pebalap dengan Fabio Quartararo.

Sementara itu podium kedua dan ketiga jadi milik Brad Binder dari tim KTM dan Jorge Martin.

Mengawali start dari posisi ke-7, Miller hanya butuh empat lap untuk mengambil alih pimpinan lomba.

Menjadi yang terdepan, pebalap Australia tak mendapati tantangan berarti dan melesat meninggalkan lawan-lawannya sebelum menyelesaikan balapan sepanjang 24 lap itu 3,409 detik di depan Brad Binder dari tim KTM.

Baca juga
Tragedi Kanjuruhan yang Menewaskan 125 Orang Jadi Headline Media Jepang

Itu merupakan kemenangan keempat dalam karier Miller di MotoGP yang terakhir kali merasakan podium teratas di Le Mans 2021.

Pebalap tim Pramac Jorge Martin tak dapat bertahan dari gempuran sang pebalap KTM karena keausan ban di pengujung lomba dan harus puas finis di posisi ketiga.

Sementara itu, polesitter Marc Marquez, yang pada saat-saat terakhir berganti ke ban belakang soft menjelang start, gagal mendapatkan grip untuk meluncur setelah lampu merah padam.

Disalip Brad Binder di Tikungan 1, Marquez melorot ke posisi lima setelah satu putaran.

Tertahan 0,5 detik di belakang Miguel Oliveira di sepanjang lomba, Marquez mendapat celah untuk menyalip sang pebalap KTM di lap-lap terakhir demi naik satu posisi ke posisi 4.

Baca juga
Seekor Biawak Masuk Lintasan Sirkuit Mandalika Gegerkan Petugas

Drama terjadi di lap pemungkas ketika penantang gelar Francesco Bagnaia berupaya menyerang rival utamanya Fabio Quartararo untuk posisi 8 di lap terakhir, namun sang pebalap Ducati membuat kesalahan di tikungan 3 saat berupaya menyalip dari sisi dalam, kehilangan grip dan terjatuh.

Finis di posisi 8 di saat dua rival utamanya gagal mendapat poin; Bagnaia yang DNF dan Espargaro yang finis di luar zona poin, Quartararo menjaga keunggulan di puncak klasemen dengan koleksi 219 poin, kini unggul 18 poin dari Bagnaia dan 25 poin dari Espargaro dengan empat balapan tersisa.

Seri MotoGP akan dilanjutkan ke Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand pada pekan depan yang menjadi balapan terakhir dari rangkaian triple header sejak Aragon.

Tinggalkan Komentar