Minggu, 14 Agustus 2022
16 Muharram 1444

Hasil Survei Kepala BIN Unggul di Tiga Indikator

Selasa, 21 Des 2021 - 01:26 WIB
Penulis : Willi Nafie
Hasil Survei Kepala BIN Unggul di Tiga Indikator

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, unggul di tiga indikator kinerja berdasarkan penilaian responden. Yaitu indikator responsiveness, leadership dan regulasi (kebijakan).

Ini adalah hasil survei nasional Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) yang berjudul Pandangan ‘Kelas Menengah Intelektual’ Terhadap Kepemimpinan dan Kinerja Kabinet Indonesia Maju dan Para Pimpinan Lembaga Negara Tahun 2021 yang dirilis pada Senin, 20 Desember 2021.

Kepala BIN Budi Gunawan dinilai sosok responsif terhadap informasi dalam merespon segala situasi, tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan.

“Untuk variabel itu, sosok Budi Gunawan berada di rating pertama, dengan skor 2.47% dari 46 menteri dan pimpinan lembaga negara,” kata Direktur LPI Boni Hargens, Senin (20/12/2021).

Mayoritas responden menilai, kinerja Kepala BIN, Budi Gunawan merupakan sosok dengan kinerja sangat baik termasuk dalam konteks penanganan pandemi Covid 19 berikut efek penyertanya.

Berdasarkan analisis deskriptif, mayoritas kalangan kelas menengah intelektual menilai figur Budi Gunawan merupakan sosok yang mumpuni dalam melakukan koordinasi dan komunikasi terhadap single usernya, yaitu Presiden Joko Widodo.

Baca juga
Novel Baswedan Cs Korban Dendam Orang Kuat

Hal itu terlihat dari skor 2.38% responden yang menempatkan sosok Kepala BIN, Budi Gunawan sebagai figur yang terbaik untuk variabel koordinasi.

Begitu juga, untuk indikator leadership, Kepala BIN, Budi Gunawan kompetensinya dinilai sangat baik dalam menjalani mandatnya sebagai pimpinan lembaga telik sandi dengan skor 2.39%. Sedangkan untuk kategori koordinasi kebijakan terbaik dalam penguatan kinerja, lagi-lagi Kepala BIN Budi Gunawan juga berada dalam posisi pertama dengan skor 2.36%. Secara kumulatif, kinerja Kepala BIN Budi Gunawan mencapai skor 2,382% dari ketiga indikator penilaian dan berada di rating pertama dari 10 menteri dan pimpinan lembaga negara terbaik atau Top 10 Leaders.

Secara umum kalangan kelas menengah intelektual yang menilai kinerja Kepala BIN Budi Gunawan sangat baik sebesar 60%. Mereka menilai kinerja Kepala BIN Budi Gunawan adalah sosok yang mumpuni dalam merespon situasi, kompeten dalam aspek kepemimpinan dan tepat dalam kebijakan. Responden menilai kiprah Kepala BIN, Budi Gunawan well record dalam memberikan dukungan terbaiknya kepada single usernya yaitu Presiden Joko Widodo. Dukungan itu tentu saja menjadi penting untuk membuat sejumlah rumusan kebijakan yang akan ditempuh oleh negara, baik dalam menghadapi Covid 19 berikut efek penyertanya sekaligus fase setelahnya.

Baca juga
Ketum PBESI Budi Gunawan: Esports Bakal Jadi Cabor Terbaik di Indonesia

Kalangan kelas menengah menilai, Kepala BIN, Budi Gunawan mempunyai pemahaman responsive cukup baik terhadap ruang lingkup tugasnya sekaligus problem solver dalam menangani ancaman, tantangan, hambatan, gangguan.

Selain aspek lain yang cukup menonjol yaitu kepemimpinan utamanya dari unsur kompetensi, koordinasi dan indikator kebijakan. Peran institusi BIN yang juga terlibat dalam penanganan pandemi Covid 19 juga mendapat penilaian cukup baik atau mendapat apresiasi positif dari kalangan kelas menengah.

Survei ini digelar pada 25 November-15 Desember 2021 dengan responden sebanyak 400 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Populasi responden adalah kalangan kelas menengah intelektual seperti dosen, pakar, peneliti, aktivis LSM/NGO, seniman/budayawan.

Baca juga
Tambah Lagi Daftar Nama Background Jenderal Disebut Capres 2024

Metode pengambilan sample dalam survei ini menggunakan snowball sampling. Subjek yang ditunjuk menjadi sampel memberikan banyak referensi atau sumber mengenai subjek-subjek lain yang mempunyai kesamaan atau kemiripan. Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar 5% pada tingkat kepercayaan ± 95%.

Tinggalkan Komentar