Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Hasil Uji Kebohongan Ferdy Sambo dan Istri Tidak Dibuka, Jadi Konsumsi Penyidik

Jumat, 09 Sep 2022 - 18:59 WIB
E8d672a1 B855 41a2 8588 69c514929211 - inilah.com
Tangkapan layar Ferdy Sambo dekap dan kecup kening istri ketika rekonstruksi di rumah pribadi di Saguling III, Duren Tiga, Jaksel.

Polri tidak mengungkap hasil tes kebohongan (poligraf) Irjen Ferdy Sambo dan istri, Putri Candrawathi, terkait penyidikan perkara pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J). Padahal, tiga tersangka lainnya yakni Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf dibuka hasilnya oleh Dirtipidum Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Andi Rian, dengan hasil no deception indicated alias jujur.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Dedi Prasetyo, menyebutkan, hasil tes kebohongan terhadap Ferdy Sambo dan istri menjadi konsumsi penyidik sehingga tidak dibuka kepada publik. Keduanya disebut mengikuti tes poligraf secara terpisah di Puslabfor Sentul, Jabar. “Hasil uji lie detector/poligraf, pro yustitia (penegakan hukum) untuk penyidik,” kata Dedi Prasetyo, kepada wartawan di Jakarta, Jumat (9/9/2022).

Baca juga
Pengacara: Ferdy Sambo Suruh Bharada E Hajar Brigadir J, Bukan Tembak

Dedi juga tidak bisa memastikan apakah uji poligraf terhadap seluruh tersangka sudah rampung, atau bakal ada sesi selanjutnya. Alasannya hal itu menjadi domain Labfor.

Menurut Kadiv Humas, tidak diungkapnya hasil tes kebohongan Ferdy Sambo dan istri, karena penyidik khawatir nantinya muncul spekulasi yang menggangu penyidikan. Uji kebohongan dimaksudkan untuk memastikan tingkat kejujuran tersangka dalam memberikan keterangan guna melengkapi berkas perkara dan sebagai bukti petunjuk.

Brigjen Andi Rian menuturkan, seluruh fakta dari penyidikan perkara pembunuhan Brigadir J nantinya bakal diungkap dalam persidangan. “Saya melihat justru analisis liar dari media dan pengamat yang tidak paham teknis pascapelaksaaan uji poligraf,” kata Andi.

Baca juga
Ayah Brigadir J Siap Bersaksi Langsung di PN Jaksel Hari Ini

 

Tinggalkan Komentar