Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

Hasto Sandang Gelar Doktor Pertahanan, Pengujinya KaBIN, Mendagri hingga Megawati

Senin, 06 Jun 2022 - 18:54 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Hasto doktor pdip - inilah.com
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto - Antara

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto resmi menyandang gelar doktor usai menjalani Sidang Promosi Terbuka Universitas Pertahanan (Unhan). Hasto lulus dengan predikat summa cum laude.

Keputusan itu dibacakan oleh Pimpinan Sidang Promosi Terbuka Doktoral Mayjen TNI Joni Widjayanto, di Kampus Unhan, Sentul Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6/2022).

“Dengan demikian Saudara Hasto Kristiyanto berhak menyandang gelar Doktor Bidang Ilmu Pertahanan RI yang ke-19,” kata Joni.

Dalam sidang doktoral tersebut, bertindak sebagai penguji adalah Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua Umum PDIP, Mendagri Tito Karnavian, dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Hasto memperoleh gelar doktor ilmu pertahanan juga ditetapkan melalui surat keputusan dan ditandatangani Rektor Unhan RI Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, M.Sc., DESD., ASEAN Eng.

Baca juga
Dibanding Ganjar, PDIP Anggap Cak Imin Lebih Siap Nyapres

Dalam sidang promosi doktor tersebut, Megawati menjelaskan latar belakang dirinya menjadi penguji disertasi Hasto yang berjudul “Diskursus Pemikiran Geopolitik Soekarno dan Relevansinya terhadap Pertahanan Negara”.

“Karena saya Ketua Umum Partai (PDI Perjuangan), Hasto adalah Sekjen, jadi kami sering berdiskusi, dan tentunya kepada anak-anak muda, saya coba mengalirkan dari cara pikir Bung Karno, karena kami mendirikan partai sebagai alat perjuangan politik, tentunya harus punya dasar. Jadi, saya bilang pada Hasto ‘kamu mesti mengerti cara berpikirnya Bung Karno’,” kata Megawati.

Megawati juga mengaku Hasto berkali-kali meminta bocoran pertanyaan menjelang sidang promosi.

“Hasto tanya ke saya ‘Bu, nanti pertanyaannya apa?’ Lho, kok kamu nanya? Itu namanya kolusi,” kata Megawati dengan disambut tawa hadirin yang diundang ke sidang promosi itu.

Tinggalkan Komentar