Sabtu, 10 Desember 2022
16 Jumadil Awwal 1444

Hatsune Miko Bikin Jepang Histeris

Sabtu, 13 Nov 2010 - 15:02 WIB
Penulis : Ellyzar Zachra PB

INILAH.COM, Tokyo- Hatsune Miko telah menciptakan badai musik di masyarakat Jepang di mana setiap konser, tiket terjual habis. Banyak fans yang berteriak dan mencintainya.

Seperti di film fiksi ilmiah, video yang menampilkan pertunjukan tur Miku di Jepang menjadi fenomena.

Miku merupakan avatar digital yang diciptakan perusahaan teknologi Jepang, Crypton Future Media di mana para pelangan dapat membeli dan memasang program yang menampilkan nyanyian apapun di komputer mereka.

Gadis menarik ini diibaratkan berusia 16 tahun. Crypton menggunakan rekaman suara dari seorang artis kemudian mengolahnya di perangkat lunak Vocaloid milik Yamaha untuk menciptakan karakter. Suara Miku merupakan ciptaan dari sampel suara beberapa artis terkenal, Saki Fujita misalnya.

Musik dan penampilan Miku menjadi begitu populer sehingga setiap tiket tur terjual habis, seperti bintang pop asli. Ini adalah pertama kali sebuah hologram digunakan di panggung. Ia dapat bergerak dan menari seperti bintang pop sungguhan.

Miku bahkan memiliki akun Facebook dan memiliki label rekaman sendiri. Ia juga tampil di program kartun TV populer di Jepang. Miku pertama kali tampil di 2009 dan sempat tur di Singapura.[ito]