Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Heboh Hacker Bjorka, Menkominfo Imbau PSE Privat Jaga Data Konsumen

Rabu, 14 Sep 2022 - 12:44 WIB
bjorka hacker doxing - inilah.com
Ilustrasi Bjorka - (Foto: inilah.com)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengimbau Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat untuk menjaga keamanan data konsumen. Langkah ini krusial di tengah maraknya serangan siber.

“Dapat menjalankan kewajibannya untuk memberikan perlindungan data pribadi masyarakat yang ada pada sistem elektroniknya masing-masing,” kata Johnny di Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Pernyataan Johnny seiring heboh aksi hacker Bjorka yang antara lain membobol data surat Presiden RI, lembaga pemerintah hingga sejumlah figur terkenal.

Sehingga, Johnny pun meminta PSE lingkup privat secara berkala memperbarui teknologi yang digunakan. Selanjutnya, PSE lingkup privat juga harus memastikan tata kelola dan sistem manajemennya terus diperbaiki dengan melibatkan tenaga-tenaga yang ahli.

Baca juga
Diduga Kuat UEA Coba-coba Ikut Campuri Politik AS

“SDM teknologi digital dan enkripsi itu betul-betul kuat dan memadai,” sambung Johnny.

Selain itu, PSE lingkup privat juga perlu terus berkomunikasi dengan pemerintah. Sehingga, ketika ada serangan siber, pemerintah dapat membantu.

“Berkomunikasi dengan pemerintah untuk mendapat masukan dan input sehingga bisa menjaga sistem elektornik dengan baik,” tegas Johnny.

Tinggalkan Komentar