Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Heru Garap Proyek MRT Bareng Jepang dan Inggris

Senin, 14 Nov 2022 - 22:04 WIB
proyek mrt - inilah.com
Kesepakatan Indonesia, Jepang dan Inggris di Proyek MRT Jakarta. (Foto: Harris Muda)

Pemprov DKI Jakarta memastikan keberlanjutan proyek pembangunan rute MRT Jakarta. Jepang dan Inggris bakal berkontribusi di penggarapan fase berikutnya.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan Jepang dan Inggris telah sepakat bekerjasama untuk membangun keberlanjutan rute MRT Jakarta. Kesepakatan itu pun diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman antara Indonesia dan kedua negara, di sela-sela rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Presidensi G20 di Bali, Senin (14/11/2022).

Adapun penandatanganan kerjasama antar ketiga negara turut disaksikan oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri untuk Kerja Sama Luar Negeri Jepang, Satoru Mizushima, serta Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins.

Baca juga
Tundukkan Filipina 81-102, Jepang Amankan Tiket Terakhir Perempat Final FIBA Asia Cup

“Alhamdulillah, tadi sudah dilakukan penandatanganan kerja sama dengan Inggris dan Jepang. Tentu, kita apresiasi partisipasi kedua negara tersebut dalam pengembangan fase-fase MRT,” kata Heru dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (14/11/2022).

Heru berharap proyek pengembangan MRT ini dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu, sehingga dapat mempermudah aktivitas masyarakat Jakarta. “Dan makin banyak masyarakat yang beralih ke transportasi umum untuk lingkungan berkelanjutan,” lanjut Heru.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya berharap kerja sama ini bisa menjadi langkah awal percepatan pengembangan MRT di Jakarta. Dia yakin, adanya kesepakatan ini dapat menjadi solusi mengurangi kemacetan dan juga sebagai moda transportasi publik yang ramah lingkungan.

Baca juga
Gedung Baru di Inggris Wajib Sediakan Pengisi Daya Kendaraan Listrik

“Jepang dan Inggris merupakan dua mitra strategis Indonesia yang telah banyak melakukan kerja sama yang saling menguntungkan di berbagai bidang, termasuk sektor transportasi,” ucap Menhub Budi.

Sekadar informasi, nota kesepahaman atau Memorandum of Cooperation (MoC) pertama dilakukan antara Indonesia dan Jepang dalam kelanjutan pembangunan MRT Jakarta East-West Line Fase 1. Kedua, Letter of Intent (LoI) antara Indonesia-Inggris tentang Kerja Sama Pembangunan MRT Jakarta.

Tinggalkan Komentar