Senin, 16 Mei 2022
15 Syawal 1443

Honda CBR1000RR-R Edisi Spesial 30 Tahun Meluncur, Harga Tembus Rp1 Miliar

Honda Edisi Spesial 30 Tahun
(ist)

Astra Honda Motor (AHM) resmi menghadirkan motor sport Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary untuk para penggemar moge di Indonesia, dengan harga mencapai lebih dari Rp1 miliar.

Marketing Director AHM Thomas Wijaya mengungkapkan bahwa Honda CBR1000RR-R Fireblade SP edisi spesial 30 tahun ini hadir dengan kesempurnaan menyeluruh untuk para pencinta big bike di Indonesia, terutama yang menginginkan sepeda motor berfitur terbaik, serta ingin merasakan sensasi berkendara maksimal di sirkuit.

“CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary akan memberikan pengalaman berkendara tertinggi. Kehadirannya di Tanah Air didukung layanan terbaik di jaringan Big Wing Honda yang siap memberikan layanan premium bersama tim terlatih untuk menemani pecinta flagship big bike Honda,” kata Thomas dalam keterangan resminya, Kamis (17/3/2022).

Dalam hal ini, pembaharuan terjadi pada bagian saluran udara masuk (intake system) untuk menaikkan performa mesin pada putaran menengah, serta penambahan gigi sprocket belakang untuk perbaikan akselerasi dan menambah rigiditas handling.

Motor ini juga menghadirkan kesan tahun 1990-an dimana Fireblade hadir yang dapat terlihat di berbagai sektor seperti pemilihan warna kombinasi merah, putih, dan biru (Tricolor) untuk beberapa bagian, ditambah detail penanda edisi spesial 30 tahun yang dipasang pada banyak detail sepeda motor.

Baca juga
Gedung Cyber Kebakaran, Aplikasi Shopee Terseret Dampaknya

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary hadir dengan desain yang aerodinamis nan agresif untuk memberikan kesan yang sempurna kepada penggunanya ketika menunggangi motor tersebut.

“Hampir semua bagian diciptakan untuk mendapatkan downforce maksimal saat berakselerasi, mengerem, dan bermanuver,” jelas dia.

Motor ini juga sudah dilengkapi dengan headlight yang sudah full LED dengan desain yang futuristik. Motor ini sudah mengadopsi winglet yang dimiliki oleh Honda RC213V untuk menambah downforce, membuat sepeda motor tetap stabil saat berakselerasi, atau melaju kencang saat keluar dari tikungan.

Untuk lebih menghadirkan kesan motor balap, Honda menghadirkan Air-ram Duct (lubang udara) di bagian depan yang mengalirkan udara segar langsung menuju airbox.

Bagian dalam saluran udara masuk didesain ulang untuk mendapatkan suplai udara yang lebih sempurna, mendukung tujuan keseluruhan peningkatan performa pada putaran mesin menengah.

Motor edisi 30 tahun ini mengusung mesin yang mendapatkan peningkatan paling tajam dibandingkan dengan yang sudah ada sebelumnya.

Baca juga
Samsung Galaxy M33 5G Resmi Hadir di Indonesia, Harga Rp4 Jutaan

“CBR1000RR-R Fireblade SP mengusung sebuah level baru dari performa mesin 4 silinder paling bertenaga dengan konfigurasi yang sama dengan Honda RC213V. Semua fitur yang diaplikasikan pada model ini pun bertumpu pada mesin dan teknologi sasis yang mendukung sensasi berkendara di sirkuit,” jela dia.

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary hadir dengan mesin DOHC 4-silinder inline berkapasitas 999,9cc dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 160 kW (215 hp) @14.500 rpm, dan torsi maksimal mencapai 112 Nm @12.500 rpm.

Piston yang digunakan pada motor ini terbuat dari bahan aluminium tempa (Forged Aluminium). Masing-masing komponen tersebut (terdapat empat buah) berbobot lebih ringan 5 persen dibandingkan model sebelumnya, sekaligus menaikkan kekuatan dan ketahanannya.

Detail lain, camshaft diberi lapisan khusus yang disebut Diamond Like Carbon (DLC) untuk mengurangi friksi hingga 35 persen jika dibandingkan dengan komponen yang sama tanpa lapisan DLC. Connecting rods (konrod) menggunakan bahan titanium, sehingga bagian ini bobotnya berkurang 50 persen.

Baca juga
Honda Hadirkan Program Menarik di Ajang JAW 2022

Ciri khas Edisi Spesial

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary hadir dengan serangkaian pembaharuan yang sangat mencolok dan berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya, penyematan tiga warna menjadi ciri khas paling menonjol.

Selain itu, Honda juga memberikan kecanggihannya melalui dashboard motor. Ketika para pengendara memutar kunci kontak, nantinya pengendara akan disapa dengan tulisan khusus edisi 30 tahun pada layar panel.

Tak hanya itu saja, Honda juga menghadirkan sebuah nomor seri pada bagian stang yang dikerjakan menggunakan laser. Sehingga para pemilik tidak perlu lagi repot untuk menjelaskan bahwa kendaraan yang digunakannya adalah edisi spesial.

Ciri lain, smart key sepeda motor ini juga sudah mendapatkan tulisan khusus edisi 30 tahun, termasuk juga pada bagian atas penutup tangki bahan bakar, serta goresan laser pada silencer (knalpot) Akrapovic-nya.

Honda CBR1000RR-R SP Fireblade Edisi Spesial 30 Tahun yang hadir dengan warna khas Honda Tricolor ini dipasarkan dengan banderol Rp1,058 miliar on the road wilayah DKI Jakarta.

 

Tinggalkan Komentar