Rabu, 17 Agustus 2022
19 Muharram 1444

Honda Gunakan Teknologi AI Hindari Potensi Kecelakaan

Selasa, 30 Nov 2021 - 07:40 WIB
Honda inilah.com

Honda Motor Co mengintegrasikan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ke dalam kendaraannya untuk memperingatkan pengemudi akan bahaya lalu lintas yang akan segera terjadi dan membantu mereka menghindari kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan manusia.

Mengutip Kyodo, hal tersebut dilakukan lantaran raksasa otomotif Jepang itu bertujuan untuk memenuhi target nol kematian pada tahun 2050.

Teknologi bantuan pengemudi bertenaga AI Honda diresmikan baru-baru ini oleh pembuat mobil dan dikatakan sebagai yang pertama di dunia. Teknologi itu memeriksa pergerakan dan kesehatan pengemudi menggunakan kamera pemantau dan sensor.

Honda berencana untuk menempatkan teknologi, termasuk fungsionalitas yang memperingatkan terhadap risiko dengan mengencangkan sabuk pengaman pengemudi atau memancarkan peringatan yang dapat didengar, ke dalam kendaraannya pada paruh kedua tahun 2020-an.

Honda juga sedang meningkatkan pengembangan teknologi keselamatan mereka, seperti sistem pengereman otomatis. Industri otomotif juga mengalami peningkatan persaingan untuk mengembangkan mobil yang terhubung ke internet.

Baca juga
Awali 2022, Brio dan BR-V Pimpin Penjualan Honda Indonesia

Sistem pengencangan sabuk pengaman otomatis akan memperingatkan pengemudi tentang pejalan kaki yang berisiko di depan mobil.

Dalam situasi lain, jika seorang pengemudi mencoba mengubah jalur ketika kendaraan lain mendekat dari belakang, mereka akan diberikan peringatan suara 3D yang berasal dari speaker di dalam kendaraan, kata Honda.

Fungsi keselamatan lainnya termasuk kursi yang bergetar untuk mencegah pengemudi tertidur dan memberikan bantuan kemudi dalam menanggapi mengemudi yang tidak menentu, yang lebih mungkin terjadi pada pengemudi lanjut usia.

Pejalan kaki juga bisa mendapatkan peringatan ponsel cerdas yang akan membantu mereka menghindari terlibat dalam insiden lalu lintas yang berbahaya.

Baca juga
All New Honda BR-V Resmi Masuk Dapur Produksi di Karawang, Siap Ekspor ke 30 Negara

Honda sedang mengembangkan teknologi lain dengan operator seluler SoftBank Corp. yang menghubungkan pengemudi dan pengguna jalan lainnya melalui jaringan telekomunikasi.

Informasi yang dikumpulkan dari dalam kendaraan atau kamera lain akan digunakan untuk memprediksi situasi lalu lintas yang berbahaya dengan bantuan kecerdasan buatan dan orang-orang yang menghadapi bahaya akan diperingatkan, kata pembuat mobil tersebut.

“Untuk mewujudkan masyarakat bebas tabrakan di mana semua pengguna jalan saling peduli dan kebebasan mobilitas menjadi mungkin, kami akan lebih mempercepat inisiatif industri dan publik-swasta kami,” Keiji Otsu, kepala Honda R&D Co.

Jepang telah melihat jumlah kematian akibat kecelakaan lalu lintas menurun dalam beberapa tahun terakhir. Angka untuk tahun 2020 mencapai 2.839, terendah sejak data tersedia pada tahun 1948, menandai penurunan 11,7 persen dari tahun sebelumnya, menurut data kepolisian negara itu.

Baca juga
Honda Turut Revitalisasi Marka Jalan dan Rambu Lalu Lintas di Kota Bogor

Di antara pembuat mobil besar Jepang, Toyota Motor Corp telah mengembangkan sistem yang menggunakan data besar untuk menghindari insiden akselerasi yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh pengemudi yang salah menginjak pedal gas daripada menginjak rem.

Tinggalkan Komentar