Selasa, 31 Januari 2023
09 Rajab 1444

Honda Pimpin Klasemen Sementara F1 2021

Senin, 24 Mei 2021 - 15:15 WIB
Penulis : Nur Ikhsan Suryakusumah

INILAHCOM, Jakarta - Pebalap Formula 1 andalan tim Red Bull Racing Honda, Max Verstappen, berhasil menjuarai Grand Prix Monako yang digelar di Sirkuit Monte Carlo, Minggu (23/5/2021).

Dengan hasil tersebut, Verstappen dan juga tim Red Bull Racing Honda berhasil mengambil alih posisi klasemen sementara F1 2021 baik di kategori pembalap dan juga konstruktor.

Memulai jalannya lomba dari posisi kedua, Verstappen kemudian memimpin jalannya balapan setelah drama kerusakan girboks mobil balap Ferrari milik pebalap tuan rumah Charles Leclerc yang seharusnya start di posisi pertama.

Verstappen tampil dominan dengan terus memegang kendali sebagai pemimpin lomba dan membangun keunggulan jarak waktu dari pebalap di belakangnya hingga finis.

Sementara rekan setimnya, Sergio Perez, memulai balapan dari posisi kesembilan dan berhasil naik satu tingkat ke posisi delapan setelah start.

Ia kemudian menerapkan strategi bertahan di trek lebih lama dari pembalap lainnya hingga sempat memimpin jalannya lomba sebelum akhirnya masuk pit untuk mengganti ban dan kembali lagi ke trek di posisi keempat yang berhasil ia pertahankan hingga garis finish.

Sementara itu Pierre Gasly dari tim Scuderia AlphaTauri Honda berhasil mempertahankan posisinya sejak dari awal lomba hingga finis. Pembalap asal Prancis ini juga berhasil menahan hingga akhir lomba laju pembalap Mercedes Lewis Hamilton yang sebelumnya merupakan pemegang klasemen sementara F1 musim balap 2021.

Verstappen kini memimpin klasemen sementara pembalap F1 2021 dengan 105 poin unggul empat angka dari Hamilton. Sementara tim Red Bull Racing Honda kini memimpin klasemen sementara konstruktor F1 2021 dengan 149 poin unggul 1 poin dari tim Mercedes.

Hasil kemenangan di GP Monako kali ini juga menandai kemenangan ke-80 Honda di ajang balap Formula 1 sekaligus menandai untuk pertama kalinya Honda memimpin kejuaraan balap F1 sejak 30 tahun silam.

Agenda seri balapan selanjutnya akan berlangsung di Grand Prix Azerbaijan bertempat di Sirkuit Baku, Azerbaijan, 4-6 Juni mendatang.