Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Hong Kong Musnahkan 2.200 Hamster untuk Tekan Penyebaran COVID-19

2.200 Hamster Dimusnahkan Hanya karena 1 Ekor Positif COVID-19

Otoritas Hong Kong memusnahkan lebih dari 2.200 hamster di wilayahnya. Langkah ini sebagai upaya menekan penyebaran wabah COVID-19, mengingat hewan tersebut terpapar COVID-19.

Pihak berwenang memerintahkan untuk memusnahkan hamster dari puluhan toko hewan piaraan. Langkah ini setelah melacak wabah virus corona dari pekerja di toko hewan piaraan. Pihak otoritas juga meminta orang-orang untuk menyerahkan hewan yang mereka beli pada atau setelah 22 Desember.

Terlepas dari protes masyarakat terhadap pemusnahan hamster, pihak berwenang mendesak pemilik hewan peliharaan untuk terus menyerahkan hamster piaraan mereka karena risiko kesehatan yang meningkat.

“(Pemerintah) sangat menyarankan masyarakat untuk menyerahkan sesegera mungkin hamster yang dibeli di toko hewan peliharaan lokal pada atau setelah 22 Desember 2021 untuk ditangani secara manusiawi,” kata pemerintah dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters.

Baca juga
Masker Kain Tidak Efektif Tangkal Omicron

Sementara itu ribuan orang menawarkan diri untuk mengadopsi hamster. Sebagian ilmuwan dan dokter hewan juga mengatakan tak ada bukti bahwa hewan punya peran besar dalam penularan virus corona pada manusia.

Tinggalkan Komentar